Senin 28 Aug 2023 07:15 WIB

MU Sepakat Lepas Henderson ke Crystal Palace

Kini MU hanya punya satu kiper.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penjaga gawang Man United Dean Henderson.
Foto: AP/Rui Vieira
Penjaga gawang Man United Dean Henderson.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan Crystal Palace dalam kepindahan kiper asal Inggris, Dean Henderson. Transfer penjaga gawang berusia 26 tahun itu diharapkan bisa memberikan pemasukan kepada United sebesar 15 juta poundsterling. 

Dana transfer itu kabarnya belum termasuk potensi tambahan sebesar lima juta poundsterling sebagai bonus penampilan dari Henderson. Pemain yang pernah dipinjamkan ke Sheffield United itu pun dilaporkan tengah bersiap melakoni tes medis bersama The Eagles. 

Baca Juga

''Henderson segera melakukan tes medis untuk melengkapi kepindahan ke Crystal Palace. Kepindahan itu melibatkan dana transfer mencapai 20 juta poundsterling,'' tulis laporan 90Min, Ahad (27/8/2023). 

Pada sepanjang musim lalu, Henderson melakoni masa peminjaman di Nottingham Forest. Jebolan tim junior Manchester United itu tercatat telah tampil di 20 laga pada sepanjang musim lalu. Keputusan manajemen United untuk tidak memperpanjang kontrak David de Gea sempat memberikan angin segar buat Henderson terkait peluang menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang United pada musim ini. 

Namun, pelatih United, Erik ten Hag, lebih memilih untuk mendatangkan penjaga gawang anyar. Andre Onana pun mendarat di Stadion Old Trafford dan menjadi pengganti De Gea sebagai penjaga gawang utama Setan Merah. Henderson, yang diplot sebagai pelapis Onana, sepertinya tidak mau menjalani peran tersebut. 

Alhasil, demi bisa mendapatkan kesempatan tampil secara reguler, Henderson siap meninggalkan Setan Merah. Pun dengan keputusan United untuk mengakhiri kerjasama dengan penjaga gawang yang masih terikat kontrak hingga 2025 tersebut. 

Akhirnya, tawaran dari The Eagles diterima oleh Setan Merah. Sejak dipromosikan ke tim utama United, Henderson memang lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Selain ke Stockport County, Grimsby Town, dan Shrewsbury Town, Henderdson juga pernah dipinjamkan ke Sheffield United. 

Bersama The Blades, Henderson mampu tampil apik dan mempersembahkan gelar juara Divisi Championship pada akhir musim 2018/2019. Begitu pula dengan keberhasilan pemilik satu caps buat Timnas Inggris itu membawa The Blades bertahan di pentas Liga Primer Inggris pada musim berikutnya. 

Henderson kemudian dipercaya untuk kembali ke skuad United pada awal musim 2020/2021 dan menandatangani perpanjangan kontrak jangka panjang, yang mengikatnya hingga 2025 mendatang. Melepas Henderson ke Crystal Palace sebenarnya bukan tanpa risiko. 

Dengan kepergian Henderson, United tinggal memiliki Tom Heaton sebagai pelapis Onana. Namun, Heaton kemungkinan besar belum bisa diturunkan dalam beberapa laga mendatang lantaran mengalami cedera. Onana pun menjadi satu-satunya opsi yang dimiliki Ten Hag untuk mengisi posisi penjaga gawang Setan Merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement