Senin 28 Aug 2023 17:18 WIB

Punggung Belum Pulih Benar, Guardiola Mampu Bikin Rekor Baru di Sepak Bola Inggris

Guardiola baru menjalani proses operasi punggung.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Manchester City Josep Guardiola.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Pelatih Manchester City Josep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola mencetak rekor baru di Liga Inggris. Ini setelah timnya meraih kemenangan atas tuan rumah Sheffield United.

Kedua kubu bertemu pada pekan ketiga Liga Primer. City unggul 2-1 atas Sheffield di Bramall Lane, Ahad (27/8/2023) malam WIB. The Citizens susah payah mendapatkan hasil tersebut.

Baca Juga

Kubu tamu unggul lebih dahulu di menit ke-68. Erling Haaland mencatatkan namanya di papan skor. Sekitar lima menit sebelum waktu normal berakhir, the Blades menyamakan kedudukan melalui upaya Jayden Bogle.

Laga sepertinya bakal berkesudahan imbang. Namun di menit ke-88, Rodri menjadi pahlawan City. Eks Atletico Madrid ini mencetak gol penentu kemenangan the Sky Blues.

Pep tidak hadir di pinggir lapangan. Pria 52 tahun itu sedang berada di Spanyol. Ia dalam proses pemulihan setelah operasi punggung.

Namun fakta demikian, tak menghalanginya membuat sejarah baru. "Kemenangan tipis ini membantu Guardiola menjadi manajer tercepat yang mencapai 200 kemenangan di divisi teratas sepak bola Inggris. Rekor mengesankan itu dicapainya setelah memimpin City dalam 269 pertandingan," demikian laporan yang dikutip dari sportsmole, Senin (28/8/2023).

Guardiola melewati rekor Jose Mourinho. Sebelumnya, Mou jadi manajer tercepat yang mencapai 200 kemenangan di kasta teratas sepak bola Inggris. Namun pria Portugal butuh 326 pertandingan untuk menembus catatan tersebut.

Pep menjadi pelatih City sejak 2016. Ia telah memenangkan banyak penghargaan di pentas domestik sejauh ini. Di level tim, termasuk lima gelar Liga Primer.

Selama masa kepemimpinannya, ia telah mengumpulkan 634 poin bersama Man City. Pep dan timnya unggul 55 poin atas Liverpool. The Reds tim kedua dengan jumlah poin terbanyak, di periode yang sama.

Kemenangan atas Sheffield membuat City kokoh di puncak klasemen. Pasukan biru langit meraih sembilan poin dari tiga pertandingan. Mereka satu-satunya tim yang masih terus meraih kemenangan di Liga Primer musim ini.

Selanjutnya Manchester City jumpa Fulham. Partai tersebut berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (2/9/2023) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement