Selasa 29 Aug 2023 23:02 WIB

Sudah Bermain Bagus untuk MU, Fernandes Masih Juga dikritik, Ferdinand Geram

Fernandes dianggap salah satu gelandang kreatif di liga Inggris.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten MU Bruno Fernandes (kanan) saat melawan Nottingham Forest.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Kapten MU Bruno Fernandes (kanan) saat melawan Nottingham Forest.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan bek Manchester United Rio Ferdinand heran masih ada yang mengkritik Bruno Fernandes. Ia menilai Fernandes selalu menjadi pembeda di skuad United.

Gelandang asal Portugal itu, lanjut dia, salah satu pemain paling kreatif di Liga Primer Inggris. Beberapa hari lalu, the Red Devils unggul 3-2 atas Nottingham Forest di Old Trafford. Bruno terlibat dalam dua gol tuan rumah.

Baca Juga

Pundit Sky Sports, Micah Richards, salah satu yang berbicara miring tentang eks Sporting CP tersebut. Richards menyebut Fernandes seseorang yang "menyedihkan". Menurut sang pundit, terkadang tingkah pria 28 tahun itu merugikan timnya.

Ferdinand pasang badan untuk juniornya. Ia mencoba menjelaskan sejumlah kelebihan Fernandes. Sosok yang juga aktif sebagai pundit ini menilai sang gelandang pemain paling kreatif sejauh musim 2023/24 berjalan.

Ini dalam konteks penciptaan peluang. Fernandes berperan dalam 10 kans emas United di tiga laga domestik. Itu jumlah terbanyak dibanding pemain mana pun.

"Sejak dia datang ke klub (MU), performanya mengungguli pemain lainnya, dalam hal gol yang diciptakan, peluang yang dibuat, dan assists," kata Ferdinand, dikutip dari dailymail.co.uk, Selasa (29/8/2023).

Fernandes bergabung dengan United sejak penghujung Januari 2020. Hingga kini ia telah membela setan merah dalam 188 pertandingan. Hitungannya dari berbagai ajang.

Ia ikut mencetak gol dan menyumbang 55 assists. Ia juga memiliki jiwa kepemimpinan. Kini sosok yang pernah membela Udinese dan Sampdoria ditetapkan sebagai kapten MU.

Ferdinand memahami terkadang Fernandes blak-blakan dalam berekspresi. Menurut dia, hal demikian semakin membuat gelandang tersebut semakin menonjol. Ia bertindak apa adanya.

Apakah itu bakal merugikan tim? Semua masih bisa diperdebatkan. Tergantung momentum jalannya pertandingan.

"Pemain seperti Bruno Fernandes akan lebih menonjol dibandingkan pemain lain karena alasan, mereka mengambil resiko," ujar Ferdinand.

Ia menegaskan itu sifat dasar yang tak bisa diukur dengan statistik. Pada intinya, Rio Ferdi menilai Fernandes sudah di jalur yang benar sejauh ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement