Sabtu 02 Sep 2023 16:03 WIB

Timnas Latvia Kaget dengan Gemuruh Penonton Indonesia di Piala Dunia Basket 2023

Indonesia Arena bergemuruh setiap kali Latvia bermain.

Salah satu fan timnas basket Latvia di Piala Dunia Basket 2023, Jumat (2/9/2023).
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Salah satu fan timnas basket Latvia di Piala Dunia Basket 2023, Jumat (2/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebasket timnas Latvia Davis Bertans senang fans basket Indonesia yang menyaksikan Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta ikut mendukung timnya ketika berlaga.

Sejak mengawali laga babak 1 fase grup untuk Grup H dengan kemenangan 109-70 dari Lebanon, ratusan bahkan ribuan fans Latvia hadir memberikan dukungan langsung untuk tim kesayangannya di Indonesia Arena.

Baca Juga

Berbagai chants dikumandangkan untuk memberikan energi tambahan timnas Latvia ketika bermain. Hasilnya, hingga kini Latvia lolos ke babak 2 fase grup dan juga mengalahkan dua tim unggulan yaitu Prancis dengan skor 88-86, Ahad (27/8/2023) dan Spanyol dengan skor 74-69, Jumat.

Indonesia Arena bergemuruh setiap kali Latvia bermain dan atas dasar ini banyak fans Indonesia yang hadir di Indonesia Arena ikut mendukung tim asuhan pelatih Luca Banchi tersebut.

"Sungguh menyenangkan memiliki lebih banyak penonton yang mendukung kami. Saya senang orang-orang di sini (Indonesia) mempunyai kesempatan untuk menonton bola basket di level tertinggi. Meskipun negara kalian (Indonesia) tidak bermain di sini (di Piala Dunia FIBA 2023),” ucap Davis Bertans pada jumpa pers setelah kemenangan melawan Spanyol di Indonesia Arena, Jumat (1/9/2023). 

Pebasket 30 tahun itu menyambut positif masyarakat Indonesia yang ikut mendukung timnya. Menurutnya, semakin orang yang mendukung, maka semakin banyak pula energi yang timnya dapatkan untuk menampilkan permainan apik setiap pertandingan.

“Semakin banyak orang mendukung kami, semakin banyak energi yang kami dapatkan dari orang banyak,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, pebasket NBA untuk klub Oklahama City Thunder itu juga berbicara atas kemenangan timnya dari juara bertahan Piala Dunia FIBA edisi 2019 dan juara FIBA EuroBakset 2022, Spanyol.

Menurutnya, kemenangan ini diraih atas hasil kerja keras timnya yang tetap berpegang pada strategi pelatih meski sempat tertinggal 11 poin pada kuarter ketiga.

“Kami semua berjuang untuk mencegahnya (permainan dominan Spanyol) tetap berpegang pada rencana yang seharusnya kita lakukan dan pada akhirnya dengan upaya itu kita bisa mencapainya. kembali dan mengamankan kemenangan di akhir,” ucap Davis Bertans.

Selanjutnya, Latvia akan melawan Brasil pada partai terakhir di Grup L yang akan dimainkan pada Ahad (3/9/2023) pukul 16.45 WIB di Indonesia Arena. Laga ini menjadi penentu dua tim dari empat tim (Latvia, Spanyol, Kanada, Brasil) yang berada di Grup L yang akan lolos ke perempat final Piala Dunia FIBA 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement