Sabtu 02 Sep 2023 17:51 WIB

MU Belum Bisa Turunkan Amrabat di Laga Vs Arsenal

Amrabat jadi pemain ketujuh yang direkrut MU pada jendela transfer musim panas ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Fiorentina Sofyan Amrabat yang dipinjamkan ke Manchester United pada musim 2023/2024.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Gelandang Fiorentina Sofyan Amrabat yang dipinjamkan ke Manchester United pada musim 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang bertahan asal Maroko, Sofyan Amrabat, menjadi rekrutan terakhir Manchester United (MU) pada jendela transfer awal musim ini. Amrabat resmi didatangkan dengan status pinjaman dari Fiorentina hanya berselang beberapa jam sebelum jendela transfer musim panas tahun ini resmi ditutup, Jumat (1/9/2023) tengah malam waktu setempat.

Setelah melakukan negosiasi cukup alot, Iblis Merah akhirnya bisa mencapai kata sepakat dengan La Viola untuk melepas Amrabat. Man United bisa membujuk La Viola usai bersedia menggelontorkan dana sebesar 8,6 juta poundsterling sebagai biaya kompensasi peminjaman gelandang bertahan berusia 27 tahun tersebut.

Baca Juga

Kesepakatan peminjaman Amrabat itu juga disertai dengan opsi perekrutan secara permanen dengan tambahan nilai transfer sebesar 17,1 juta poundsterling ditambah 4,2 juta poundsterling sebagai tambahan bonus. Opsi ini bisa diaktifkan Man United pada akhir musim ini.

Amrabat menjadi pemain ketujuh yang direkrut Man United pada jendela transfer musim panas tahun ini. Secara khusus, eks gelandang bertahan Brugge itu menjadi pemain keempat yang diboyong Iblis Merah pada hari terakhir bursa transfer awal musim ini.

Selain Amrabat, MU telah menyelesaikan kepindahan Jonny Evans, Sergio Reguillon, dan Altay Bayindir. Namun, berbeda dari tiga pemain tersebut, terutama Reguillon dan Bayindir, Amrabat kemungkinan besar masih belum bisa diturunkan saat bertandang ke markas Arsenal pada pekan keempat Liga Primer Inggris, Ahad (3/9/2023) malam WIB.

Kondisi ini tidak terlepas dari waktu pendaftaran skuad terkini MU di laga tersebut kepada penyelenggara Liga Primer Inggris. Berdasarkan ketentuan, setiap tim harus bisa mengirimkan update skuad terbaru lengkap dengan nomor punggung pemain pada Jumat (1/9/2023) siang waktu setempat. Kendati laga Man United vs Arsenal digelar pada Ahad (3/9/2023), pendaftaran itu harus dilakukan pada hari kerja.

''Reguillon dan Bayindir didatangkan tepat sebelum United mengirimkan daftar skuad teranyar tersebut, sementara Amrabat belum menyelesaikan kepindahan saat daftar itu dikirimkan. Dengan begitu, Amrabat masih belum bisa tampil di laga kontra Arsenal,'' tulis laporan Manchester Evening News, Sabtu (2/9/2023).

Kehadiran Amrabat diharapkan bisa menambah opsi pemain di lini tengah Man United, terutama sebagai pelapis Casemiro. Bahkan, Amrabat memiliki peluang untuk menggeser Casemiro di tim inti MU menyusul performa kurang menyakinkan gelandang bertahan asal Brasil itu pada awal musim ini.

Amrabat yang mengantarkan Maroko melangkah ke babak semifinal Piala Dunia 2022 itu, kemungkinan besar sudah bisa melakoni debutnya bersama Man United di laga kontra Brighton and Hove Albion pada pekan kelima Liga Primer Inggris, akhir pekan depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement