Selasa 05 Sep 2023 23:34 WIB

Timnas Putra Spanyol Kutuk Ciuman Bibir Rubiales kepada Pemain Wanita Spanyol

Sepak bola Spanyol harus menjadi kekuatan pendorong rasa hormat.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales.
Foto: EPA-EFE/SPANISH SOCCER FEDERATION
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Tim nasional putra Spanyol turut mengutuk tindakan Presiden Federasi Negeri Matador (RFEF) Luis Rubiales. Aksi Rubiales setelah final Piala Dunia Wanita 2023 di Australia pada 20 Agustus lalu menunai kecaman. 

Saat itu Timnas Putri Spanyol, keluar sebagai pemenang. Armada La Roja mengalahkan Inggris 1-0 di Sydney. Setelahnya perayaan berlangsung, kontroversi terjadi. Rubiales memberi selamat kepada pemain bernama Jenni Hermoso dengan cara tak biasa. Ia memeluk lalu mencium bibir pesepak bola 33 tahun itu. 

Baca Juga

Timnas putra Spanyol akhirnya menyatakan sikap mereka. Alvaro Morata membacakan pernyataan atas nama skuad. Ia didampingi beberapa penggawa senior. Ada Marco Asensio, Cesar Azpilicueta, serta Rodri.

Pernyataan tersebut dirilis di situs resmi RFEF. Penekanannya tentang respons mereka atas kejadian yang merugikan citra sepak bola negeri Matador. 

"Pertama dan terpenting, sekali lagi kami ingin menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat yang tulus kepada timnas putri yang telah menjuarai Piala Dunia di Sydney.

"Ini tonggak bersejarah yang penuh dengan makna yang akan menandai masa lalu dan masa depan dalam sepak bola wanita Spanyol, menginspirasi banyak wanita dengan kemenangan yang tak ternilai. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan penyesalan dan solidaritas kami kepada para pemain yang kesuksesannya ternoda.

"Kami ingin menolak apa yang kami anggap sebagai perilaku yang tidak dapat diterima dari Rubiales, yang tidak sesuai dengan institusi yang diwakilinya.

"Kami dengan tegas mendukung nilai-nilai yang diwakili oleh olahraga ini. Sepak bola Spanyol harus menjadi kekuatan pendorong rasa hormat, inspirasi, inklusi, dan keberagaman serta harus memberi contoh dalam perilakunya baik di dalam maupun di luar lapangan," demikian pernyataan lengkap tim putra Spanyol, dikutip dari irishtimes, Selasa (5/9/2023).

Skuad polesan Luis de la Fuente siap menjalani Kualifikasi Piala Eropa 2024. Ada dua pertandingan di depan mata. Morata dan rekan-rekan akan menghadapi Georgia serta Siprus.

Saatnya mereka fokus ke sepak bola negara. Para petinggi regional RFEF menyerukan pengunduran diri Rubiales. Pemerintah Spanyol juga menyuarakan tuntutan serupa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement