Selasa 05 Sep 2023 23:43 WIB

Amerika Serikat Melenggang Mulus ke Semifinal FIBA World Cup 2023

AS mengalahkan Italia 100-63 di perempat final FIBA World Cup 2023.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Jalen Brunson dari AS dijaga pemain Italia Nicolo Melli di perempat final FIBA World Cup 2023 di Manila, Filipina, Selasa (5/9/2023)
Foto: EPA-EFE/ROLEX DELA PENA
Jalen Brunson dari AS dijaga pemain Italia Nicolo Melli di perempat final FIBA World Cup 2023 di Manila, Filipina, Selasa (5/9/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, PASAY CITY -- Amerika Serikat terbukti mampu bangkit setelah menelan kekalahan mengejutkan dari Lithuania pada laga terakhir putaran kedua FIBA World Cup 2023, akhir pekan lalu. Di babak perempat final, tim besutan Steve Kerr itu mengandaskan perlawanan Italia 100-63 di Mall of Asia, Pasai City, Manila, Filipina, Selasa (5/9/2023) malam.

Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Amerika Serikat memastikan satu tempat di babak semifinal FIBA World Cup 2023. Amerika Serikat menyusul Serbia yang telah lebih dulu melaju ke empat besar FIBA World Cup 2023 setelah menyingkirkan Lithuania 87-68 pada laga perempat final lainnya.

Baca Juga

Kemenangan atas Italia ini juga mencatatkan rekor baru dalam kiprah Amerika Serikat di gelaran FIBA World Cup 2023. Dengan selisih 37 poin, ini menjadi kemenangan terbesar kedua Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023. Keberhasilan melumat Yordania 110-62 di putaran pertama menjadi kemenangan terbesar Amerika Serikat di turnamen ini.

Amerika Serikat tampil begitu dominan atas Italia. Mikal Bridges dan kawan-kawan berhasil menutup kuarter pertama dengan keunggulan 10 poin, 24-14. Keunggulan ini dilengkapi dengan keberhasilan mencetak 22 poin di kuarter kedua, berbanding 10 poin yang dicetak Italia.

Pada paruh pertama laga, Amerika Serikat sudah unggul 64-24 atas Italia, yang mengandalkan small forward Utah Jazz Stefano Fontecchio. Italia terlihat kesulitan untuk bisa menemukan ritme permainan yang tepat dan menembus pertahanan Amerika Serikat. Torehan 24 poin di paruh pertama laga menjadi catatan poin terendah di babak perempat final FIBA World Cup sejak 2006 silam.

Di sisi lain, kekalahan dari Lithuania memberikan pelajaran berharga buat Amerika Serikat. Pengoleksi lima gelar juara FIBA World Cup itu mampu mengantisipasi tembakan tiga angka yang dilepaskan para penggawa Italia. Pun dengan keberhasilan para penggawa Amerika Serikat menerapkan zone-press guna mengatasi perlawanan Italia.

Menutup kuarter ketiga dengan kemenangan, 37-20, Amerika Serikat sedikit mengendurkan permainan pada kuarter keempat. Meski kalah, 17-19, di kuarter keempat, laju Amerika Serikat tidak tertahankan untuk bisa melangkah ke babak semifinal FIBA World Cupa 2023.

Mikal Bridges menjadi pengoleksi terbanyak di laga ini. Small forward Brooklyn Nets itu mencetak 24 poin, termasuk delapan dari 11 kali tembakan. Bridges juga mencatatkan tujuh rebound, dua steal, dan satu block dalam pertandingan tersebut. Brigdes berbagi tempat dengan Bobby Portis dalam jumlah rebound terbanyak dari tim Amerika Serikat di partai ini.

Dengan keberhasilan melangkah ke empat besar FIBA World Cup 2023, Amerika Serikat berhasil memperbaiki catatan penampilan dibanding edisi sebelumnya, di FIBA World Cup 2019 silam. Dalam turnamen yang digelar di Cina tersebut, Amerika Serikat harus puas mengakhiri turnamen di posisi kelima.

Di babak semifinal FIBA World Cup 2023, Amerika Serikat akan ditantang pemenang dari laga Jerman kontra Latvia. Duel Jerman kontra Latvia rencananya bakal digelar di Mall of Asia Arena, Pasay City, Rabu (6/9/2023) waktu setempat. Sementara laga semifinal dijadwalkan bakal dihelat pada Jumat (8/9/2023) waktu setempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement