Kamis 07 Sep 2023 08:10 WIB
...

Akhirnya Cristiano Ronaldo Sadar Persaingannya dengan Lionel Messi Telah Sirna

Ronaldo dan Messi telah sama-sama meninggalkan sepak bola Eropa.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (kanan). Cristiano Ronaldo mengatakan, persaingannya dengan Lionel Messi sudah berakhir seiring keduanya sama-sama mengubah sejarah sepak bola.
Foto: AP Photo/Hussein Malla
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (kanan). Cristiano Ronaldo mengatakan, persaingannya dengan Lionel Messi sudah berakhir seiring keduanya sama-sama mengubah sejarah sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Cristiano Ronaldo mengatakan, persaingannya dengan Lionel Messi sudah berakhir seiring keduanya sama-sama mengubah sejarah sepak bola. Ronaldo dan Messi telah mendominasi berbagai rekor sepak bola dalam lebih dari satu dekade dengan total 79 trofi dihasilkan dari dua pemain ini, sekaligus satu-satunya pemain yang masing-masing mencetak lebih dari 800 gol.

Saat ini Ronaldo melihat persaingan itu tidak ada lagi dan penonton menyukainya. Menurut bintang timnas Portugal itu, mereka yang menyukai dirinya tidak perlu membenci Messi pun sebaliknya. Dan yang pasti, ia dan Messi telah mengubah sejarah sepak bola sehingga kian dihormati di seluruh dunia.

Baca Juga

"Messi mengikuti jejaknya dan saya pun mengikuti jejak saya, terlepas dari bermain di luar Eropa. Dari apa yang saya lihat, ia tampil baik, begitu pula saya. Warisannya tetap hidup, namun saya tidak melihat persaingan seperti itu lagi," ujar Ronaldo dilansir dari ESPN, Kamis (7/9/2023).

Pemain klub Arab Saudi, Al Nassr, ini mengakui telah beradu fisik berkali-kali sebelumnya. Kendati demikian, Ronaldo mengatakan, Messi adalah rekan kerja profesionalnya dan saling menghormati.

Dua bintang ini telah meninggalkan sepak bola Eropa. Messi merapat ke klub Amerika Serikat, Inter Miami, pada musim panas ini setelah dua musim di Paris Saint-Germain (PSG). Adapun Ronaldo hijrah ke Arab Saudi memperkuat Al Nassr pada Januari 2023 lalu. Meski hijrah ke Arab Saudi, Ronaldo tetap mencatatkan sejarah, yakni menjadi satu-satunya pemain yang mencetak 850 gol saat Al Nassr menang 5-1 atas Al Hazem.

“Ini adalah peristiwa bersejarah. Bagi saya, merupakan suatu kebanggaan atas angka-angka yang saya raih, yang menurut saya sebelumnya, itu seperti tidak dapat saya capai," kata pemain 38 tahun tersebut.

Kendati demikian, Ronaldo masih bertekad mencapai catatan prestasi lebih baik lagi ketika standar permainan dan cara berpikirnya masih di level atas. Dalam kesempatan tersebut peraih gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) lima kali itu pun bangga bisa menjadi pionir pemain bintang lainnya bergabung di Saudi Pro League (Liga Pro Saudi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement