Jumat 08 Sep 2023 21:18 WIB

Hentikan Langkah Kanada, Serbia Kembali Tampil di Final FIBA World Cup

Serbia mengulangi pencapaian Piala Dunia Basket 2014 dengan menembus final.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Shooting guard Serbia Bogdan Bogdanovic (kanan) dijaga pemain Kanada Dillon Brooks di semifinal FIBA World Cup 2023.
Foto: EPA-EFE/FRANCIS R. MALASIG
Shooting guard Serbia Bogdan Bogdanovic (kanan) dijaga pemain Kanada Dillon Brooks di semifinal FIBA World Cup 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PASAY CITY -- Serbia akhirnya kembali bisa merasakan tampil di partai puncak FIBA World Cup. Tim besutan Stevislac Pesic itu berhak melaju ke partai final FIBA World Cup 2023 seusai menghentikan langkah Kanada di semifinal dengan 95-86, Jumat (8/9/2023) malam.

Ini menjadi keberhasilan pertama Serbia kembali tampil di final Piala Dunia Basket tersebut setelah finis di peringkat kelima pada edisi sebelumnya, FIBA World Cup 2019. Tidak hanya itu, keberhasilan ini juga mengulangi prestasi serupa yang ditorehkan Serbia di gelaran FIBA World Cup 2014 silam.

Baca Juga

Menghadapi Kanada yang bertabur bintang dan diperkuat sejumlah pemain NBA, di Mall of Asia Arena, Pasay, Manila, Serbia langsung mengandalkan kekuatan fisik dan pressing ketat. Strategi ini pun berbuah maksimal. Serbia menutup kuarter pertama dengan keunggulan, 23-15.

Strategi serupa diterapkan Serbia pada kuarter kedua. Bintang Kanada, Shai Gilgeous-Alexander, tampak kesulitan untuk menemukan performa terbaiknya di laga ini dan hanya mencetak total 15 poin. Di sisi lain, bintang Serbia, Bogdan Bogdanovic, tampil begitu impresif pada sepanjang laga ini. Serbia menutup paruh pertama dengan keunggulan 13 poin, 52-39.

Salah satu kunci kemenangan Serbia di laga ini adalah keberhasilan memaksimalkan turn-over usai mematahkan serangan Kanada. Pada akhir kuarter ketiga, dua kali lemparan tiga angka membawa Serbia terus menjauh dari kejaran Kanada. Momentum ini terus berlanjut pada kuarter keempat.

Serbia bahkan sempat mencatatkan keunggulan 17 poin pada awal kuarter keempat. Kanada tidak bisa berbuat banyak meski mampu menutup kuarter keempat dengan keunggulan, 20-23. Serbia mampu menyelesaikan laga tersebut dengan kemenangan, 95-86.

Dari catatan statistik, Serbia mendominasi Kanada. Serbia berhasil memasukkan 27 tembakan dari 38 upaya menembak dua angka dengan rataan tembakan berhasil mencapai 71,1 persen. 

Performa impresif Bogdanovic rasanya tidak bisa dilepaskan dari kemenangan Serbia di laga ini. Shotting guard Atlanta Hawks itu menjadi pencetak poin terbanyak di laga ini dengan torehan 23 poin, 4 rebound, 3 assist, dan 3 steal. Bogdanovic berhasil memasukkan bola sebanyak delapan kali dari 12 kesempatan tembakan.

Pebasket berusia 31 tahun itu tidak bisa menyembunyikan kegembiraan setelah mengantarkan Serbia ke final FIBA World Cup 2023. ''Saya sangat lelah, tapi begitu senang. Kami bisa menang menghadapi tim yang begitu luar biasa, yang dipimpin Shai Gilgeous-Alexander. Laga final akan menjadi partai yang sangat sulit. Untuk saat ini, kami belum bisa melakukan kalkulasi. Namun, kami akan siap,'' kata Bogdanovic seperti dilansir Olympics.com, Jumat (8/9/2023).

Terkait lawan di di partai puncak FIBA World Cup 2023, Serbia masih harus menanti hasil di babak semifinal lainnya, tepatnya laga Amerika Serikat kontra Jerman. Bukan tidak mungkin Serbia akan kembali berhadapan dengan Amerika Serikat di partai final FIBA World Cup 2023.

Laga itu akan menjadi partai ulangan final FIBA World Cup 2014. Saat itu, Serbia harus mengakui keunggulan Amerika Serikat, 92-129, dan harus puas dengan raihan medali perak. Partai final FIBA World Cup 2023 rencananya akan digelar di Mall of Asia Arena, Ahad (10/9/2023) waktu setempat.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement