Sabtu 09 Sep 2023 21:23 WIB

Hukuman Van Dijk Ditambah oleh FA Akibat Memaki Ofisial Pertandingan

Van Dijk didenda Rp 1,9 miliar dan tambajan skorsing satu laga.

Rep: Reja Irfa Wdodo/ Red: Israr Itah
Saat bek Liverpool Virgil van Dijk dikartu merah dalam laga Liga Primer Inggris melawan Newcastle United.
Foto: Owen Humphreys/PA via AP
Saat bek Liverpool Virgil van Dijk dikartu merah dalam laga Liga Primer Inggris melawan Newcastle United.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Federasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi menjatuhkan sanksi tambahan buat kapten sekaligus bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk. Sanksi tambahan ini berupa larangan tampil dalam satu pertandingan dan denda sebesar 100 ribu poundsterling (Rp 1,9 miliar).

Sanksi ini melengkapi hukuman yang sebelumnya telah dijatuhkan buat bek tengah asal Belanda tersebut usai menerima kartu merah langsung dalam laga Liverpool kontra Newcastle United, akhir bulan lalu. 

Baca Juga

Pada laga di markas The Magpies tersebut, Van Dijk diusir wasit John Brooks usai melakukan pelanggaran keras terhadap Aleksandar Isak pada menit ke-28. Imbasnya, Van Dijk harus menjalani larangan tampil di satu pertandingan di pentas Liga Primer Inggris. 

Sanksi ini sudah dilakoni eks bek tengah Southampton kala Liverpool menundukan Aston Villa pada pekan keempat Liga Primer Ingris, 3-0, akhir pekan lalu.

Namun, Van Dijk juga harus menjalani sanksi tambahan dari FA. Ini tidak terlepas dari aksi Van Dijk usai mendapatkan kartu merah dari wasit John Brooks. Saat itu, Van Dijk melakukan protes keras terhadap Brooks dan enggan meninggalkan lapangan.

Meski akhirnya bersedia meninggalkan lapangan, Van Dijk diketahui sempat memaki dan melontarkan kata-kata kasar kepada ofisial pertandingan saat memasuki lorong ke ruang ganti pemain. 

''Virgil van Dijk dilarang merumput dalam satu pertandingan dan didenda 100 ribu poundsterling lantaran melanggar aturan FA,'' tulis pernyataan resmi FA seperti dilansir Sky Sports, Sabtu (9/9/2023).

Van Dijk, dalam pernyataan resmi FA tersebut, disebut sudah mengakui melakukan tindakan tidak pantas terhadap perangkat pertandingan di laga Liverpool kontra Newcastle United. ''Sanksi tersebut kemudian dijatuhkan dan sudah mendapat persetuan dari Komisi Regulasi Independen FA,'' lanjut pernyataan resmi FA tersebut.

Dengan sanksi tambahan ini, Van Dijk tidak akan bisa diturunkan saat Liverpool bertandang ke markas Wolverhampton Wanderers pada pekan kelima Liga Primer Inggris, pekan depan. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, kemungkinan besar akan menduetkan Joe Gomez dan Joel Matip di jantung pertahanan The Reds.

Dalam unggahan di akun media sosialnya, Van Dijk menerima keputusan FA tersebut. Bek tengah berusia 32 tahun itu pun tidak akan melakukan upaya banding terkait sanksi tambahan tersebut. Van Dijk mengaku bersalah dan sudah meminta maaf atas tindakannya usai menerima kartu merah di laga kontra Newcastle United tersebut.

''Itu adalah kartu merah pertama saya selama memperkuat Liverpool. Saya membiarkan rasa frustrasi itu mengendalikan diri saya dalam momen yang begitu intense dan panas. Saya langsung meminta maaf kepada perangkat pertandingan begitu laga tersebut selesai dan siap bertanggung jawab,'' tulis Van Dijk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement