Senin 11 Sep 2023 22:16 WIB

Haaland tak Dijagokan Pelatihnya Sendiri di Ajang Ballon d'Or, Messi Dianggap Lebih Layak

Haaland punya ambisi, tapi diminta realistis.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester City Erling Haaland mencetak gol ketiga Manchester City dalam pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (2/9/2023) malam.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pemain Manchester City Erling Haaland mencetak gol ketiga Manchester City dalam pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (2/9/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Persaingan memperebutkan Ballon d'Or 2023 tidak sepanas tahun-tahun sebelumnya. Itu bukan karena minimnya kualitas para nominator.

Namun tampaknya banyak dukungan mulai tertuju pada satu nama. Dia adalah Lionel Messi. Sejumlah pihak menjagokan Messi menjadi pemenang.

Baca Juga

Salah satunya, pelatih tim nasional Norwegia, Stale Solbakken. Menariknya, Erling Haaland juga muncul sebagai kandidat calon peraih penghargaan individu yang digagas France Football Itu. Haaland merupakan anak asuh Solbakken.

Sang arsitek berbicara apa adanya. Ia melihat adanya faktor pendukung La Pulga jadi yang terdepan. Itu setelah penyerang tersebut membawa tim nasional Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022.

"Jika anda bertanya pada saya, siapa yang menurut saya akan menang, saya akan mengatakan Messi karena kemenangannya di Piala Dunia. Itu sangat berpengaruh," kata Solbakkken, dikutip dari four four two, Senin (11/9/2023).

Dalam sebuah wawancara, Haaland tampaknya memiliki ambisi untuk mendapatkan Ballon d'Or 2023. Ia ditanya apakah ia bisa mengalahkan Messi? Menurutnya itu pertanyaan jebakan.

Ia menjawabnya dengan hati-hati. Namun, itu tidak mengurangi kepercayaan dirinya. Ia merasa tampil bagus dalam setahun terakhir.

"Apakah saya yang terbaik? Mungkin. Saya tahu, saya masih bisa berkembang pesat. Saya masih muda. Tapi ya, saya yakin saya punya peluang tahun ini," ujar Haaland.

Sang bomber trengginas bersama Manchester City. Sepanjang musim 2023/24, ia mencetak 52 gol dari 53 pertandingan. Hitungannya dari berbagai ajang.

Haaland berperan penting membantu City meraih treble. Ia terpilih sebagai pemain terbaik UEFA edisi terbaru. Kini ia berharap bisa menjadi yang terbaik di dunia.

Ballon d'Or merupakan penghargaan individu paling bergengsi untuk seorang pesepak bola. Messi sudah tujuh kali memenangkannya. Setelah La Pulga, ada Cristiano Ronaldo di urutan kedua dengan lima gelar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement