Selasa 12 Sep 2023 00:14 WIB

Kiper Inggris Nantikan Atmosfer Memanas di Stadion Keramat Milik Timnas Skotlandia

Kedua negara adalah tetangga yang tak akur.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kiper timnas Inggris Jordan Pickford
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Kiper timnas Inggris Jordan Pickford

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kiper tim nasional Inggris Jordan Pickford antusias menatap partai berkelas di depan mata. The Three Lions dijadwalkan bertemu tuan rumah Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB.

Ini hanya partai persahabatan. Namun, nuansanya bak laga kompetitif, apalagi kedua negara bertetangga. Keduanya sesama anggota Britania Raya.

Baca Juga

Beberapa hari lalu, Inggris bermain imbang 1-1 dengan Ukraina di Stadion Wroclaw. Kini, ujian besar lainnya menanti skuad polesan Gareth Southgate. Bukan rahasia lagi jika penggemar kedua tim sangat kental dengan aroma permusuhan.

"Ini akan menjadi pertandingan sulit. Hampden Park. Anda tahu seperti apa penggemar mereka. Kami ingin pergi ke sana, mendapat pengalaman serta memenangkan pertandingan," kata Pickford, dikutip dari eExpress, Senin (11/9/2023).

Penjaga gawang klub Everton ini berasal dari Timur Laut. Artinya ia sudah merasakan atmosfer perseteruan kedua negara. Pasalnya daerah tempat tinggalnya saat bertumbuh, hanya 70 mil dekat perbatasan dengan Skotlandia.

Kini, fokus mereka memulihkan diri terlebih dahulu. Setelah sepenuhnya bugar, pasukan Southgate siap tempur. Hampden Park memanas.

"Ketika saya berada di tim U-21, kami bermain imbang 2-2 di Hampden Park. Para pemain berpikir itu atmosfer terbaik yang pernah mereka alami," ujar Pickford.

Ia senang dengan pertandingan ini. Bukan hanya karena rivalitas yang terjalin, tapi di level sepak bola, lawan sedang bagus-bagusnya.

Skotlandia ada di puncak klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024. Skuad polesan Steve Clarke meraih 15 poin dari lima pertandingan. Sempurna.

Andrew Robertson dan rekan-rekan unggul sembilan angka atas Spanyol di urutan kedua. Clarke Santai menatap duel kontra tetangga. Menurut dia, kedua tim ingin saling mengalahkan.

"Ini seharusnya menjadi malam yang menyenangkan. Dengar, kami punya pemain yang bermain di level bagus," ujar juru taktik 60 tahun ini.

Ia mengharapkan anak asuhnya turun dengan kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, secara kemampuan, Scott McTominay dkk sudah teruji, mampu kompetitif di level tertinggi.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement