Selasa 12 Sep 2023 16:56 WIB

Soal Tempat Angker Ini, Liverpool, Manchester United, dan Manchester City Kompak Protes

Para pemain harus menggunakan tabung oksigen untuk bernapas.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain timnas Argentina Aexis Mac Allister milik Liverpool (kiri).
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Pemain timnas Argentina Aexis Mac Allister milik Liverpool (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool, Manchester United, Manchester City berbagi keresahan yang sama jelang kembali bergulirnya Liga Primer Inggris musim 2023/24. Jeda internasional pada September 2023 akan segera berakhir.

Namun masih ada pemain dari tiga klub tersebut yang akan bertanding di Amerika Selatan. Tepatnya pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Argentina kontra Bolivia. Partai tersebut berlangsung di Estadion Hernando Siles, La Paz, Rabu (13/9/2023) pukul 03.00 WIB.

Baca Juga

La Paz dikenal angker untuk pesepak bola karena berada di ketinggian 11.975 kaki di atas permukaan laut. Daerah tersebut melintasi jalur pegunungan Andes yang dikelilingi salju. Saking tingginya, pengunjung bisa terkena beberapa penyakit, seperti sakit kepala, sesak napas, mual, dan muntah.

Situasi ini dapat menyebabkan kelelahan meningkat. Kemudian orang-orang yang belum beradaptasi bakal kesulitan tidur. Banyak pemain lawan mengkritisi keputusan Bolivia menggunakan daerah tersebut sebagai tempat untuk menjamu tim tamu.

Bahkan bintang Brasil menyebut kondisi demikian tidak manusiawi. FIFA pernah memberlakukan batas ketinggian untuk tempat digelarnya pertandingan Kualifikasi. Namun aturan tersebut dibatalkan karena adanya protes.

"La Paz diberi pengecualian khusus dari aturan tersebut meskipun aturan itu memang ada," demikian laporan yang dikutip dari Express, Selasa (12/9/2023).

Pada Senin (11/9/2023), gelandang Liverpool, Alexis Mac Allister mengunggah foto dirinya menggunakan tabung oksigen genggam. Man United menyumbang dua nama di skuad La Albiceleste, yakni Lisandro Martinez, serta Alejandro Garnacho.

Demikian juga dengan Man City. Ada Julian Alvarez di sana. Semuanya berharap mereka mampu mengatasi tantangan ini.

Mac Allister dan Alvarez mendapatkan menit bermain saat Argentina jumpa Ekuador, beberapa hari lalu. La Albiceleste menang 1-0 atas La Tri di Buenos Aires. Gol kemenangan sang raksasa dicetak Lionel Messi lewat tendangan berkelas pada menit ke-78.

Garnacho ada di bangku cadangan. Ia tidak bermain sama sekali. Begitu juga dengan Martinez yanag baru pulih dari cedera.

Pada Sabtu (16/9/2023) malam WIB, Liga Primer kembali bergulir. Artinya, para pemain tersebut tak memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Pasalnya setelah pertandingan mereka harus melakukan perjalanan panjang.

Penerbangan Bolivia ke Inggris memakan waktu hampir 12 jam. Sederet bintang Argentina itu, merupakan pemain inti di klub masing-masing. Ini yang menjadi sumber kekhawatiran the Reds, United, dan City.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement