Kamis 14 Sep 2023 06:50 WIB

Hitung-hitungan Peluang Italia Lolos ke Euro 2024

Italia sementara berada di posisi runner up Grup C di bawah Inggris.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Gelandang timnas Italia Davide Frattesi melompat setelah menjebol gawang Ukraina dalam laga kualifikasi Euro 2024. Italia mengalahkan Ukraina 2-1.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Gelandang timnas Italia Davide Frattesi melompat setelah menjebol gawang Ukraina dalam laga kualifikasi Euro 2024. Italia mengalahkan Ukraina 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Italia naik ke posisi kedua Grup C Kualifikasi Euro 2024 berkat kemenangan 2-1 atas Ukraina pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. Namun posisi Gli Azzurri masih jauh dari aman jika ingin memastikan lolos ke turnamen akbar Eropa yang akan digelar di Jerman tahun depan.

Tim asuhan Luciano Spalletti kini berada di pertengahan babak kualifikasi, setelah menghadapi setiap tim di grup satu kali, dan meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan dengan total tujuh poin. Italia harus finis sebagai juara grup atau runner up jika mereka ingin lolos langsung ke turnamen tersebut.

Baca Juga

Kemenangan atas Ukraina sangat penting bagi Italia, mengingat mereka bisa saja turun ke posisi keempat grup jika kalah pada malam itu. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dimulai dengan jeda internasional berikutnya pada Oktober. 

Italia akan menjamu Malta di Bari, sebelum berangkat ke London untuk menghadapi pemuncak Grup C Inggris di Wembley. Pada November, akan ada pertandingan yang lebih menentukan melawan Makedonia Utara dan Ukraina.

Football Italia memperkirakan, laga melawan Inggris akan jadi pertandingan sulit. Pasukan Gareth Soutgate belum pernah kalah dan hanya pernah imbang sejauh ini. Dengan koleksi 13 poin dari lima pertandingan, tiga angka dari dua pertandingan berikutnya akan cukup bagi Inggris memastikan lolos.

Jadi, pertarungan sesungguhnya adalah untuk memperebutkan posisi kedua, dan Italia saat ini memegang keunggulan. Tiga tim lainnya, Italia, Ukraina, dan Makedonia Utara saat ini mengoleksi tujuh poin. Namun, Azzurri memainkan satu pertandingan lebih sedikit dan memiliki selisih gol terbaik.

Pertandingan berikutnya, di kandang melawan Malta, juga akan memberikan peningkatan kepercayaan diri. Malta belum meraih satu poin pun di turnamen dan kemenangan di kandang seharusnya bisa diamankan Azzurri. Itu akan membuat Italia mendapatkan 10 poin menjelang pertandingan melawan Inggris.

Italia tak dalam bahaya jika kalah dari Inggris asalkan mereka berhasil mengalahkan Makedonia Utara dan Ukraina dalam dua pertandingan terakhirnya pada November.

Ukraina bisa lewati poin Italia ...

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement