Kamis 14 Sep 2023 20:29 WIB

Manchester United Klub dengan Skuad Paling Mahal di Eropa

Skuad utama Manchester United saat ini berharga sekitar Rp 19 triliun.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Mason Mount salah satu perekrutan mahal Manchester United pada musim panas ini.
Foto: Twitter Manchester United
Mason Mount salah satu perekrutan mahal Manchester United pada musim panas ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) menempati urutan teratas dalam daftar klub dengan pengeluaran terbesar untuk membangun skuad utama. United mengeluarkan uang lebih banyak dibanding klub lain di Eropa dalam urusan mendatangkan pemain guna mengisi tim utama saat ini.

Hasil analisis terbaru dari CIES Football Observatory menyebut, MU menghabiskan dana total sebesar 991,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 19 triliun dalam membangun skuadnya pada saat ini. Setan Merah mengungguli Chelsea yang tercatat menghabiskan dana total sebesar 977,9 juta poundsterling (Rp 18 triliun).

Baca Juga

Peraih lima gelar juara Liga Primer Inggris dari enam musim terakhir, Manchester City, menempati urutan ketiga dalam daftar ini. The Citizens menghabiskan dana total sebesar 898,5 juta poundsterling (Rp 17 triliun) untuk membangun skuadnya saat ini. Posisi keempat ditempati Paris Saint Germain (PSG) dengan pengeluaran mencapai 862,3 juta poundsterling (Rp 16 triliun). 

Runner up Liga Primer Inggris musim lalu, Arsenal, berada di urutan kelima dengan biaya pengeluaran sebesar 720,9 juta poundsterling (Rp 13 triliun). Rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur berada di posisi keenam (714,9 juta poundsterling), diikuti oleh Real Madrid (610,5 juta poundsterling), Liverpool (644 juta poundsterling), Real Madrid (610,5 juta poundsterling), Newcastle United (570 juta poundstering), dan West Ham United (435,5 juta poundsterling).

''Angka tersebut termasuk semua biaya transfer yang dikeluarkan klub tersebut saat mendatangkan pemain yang masih berada di tim utama mereka saat ini. MU bisa dibilang telah mengeluarkan uang terlalu banyak dalam mendatangkan pemain,'' tulis laporan The Independent, Kamis (14/9/2023).

Gelontoran dana transfer sebesar 80 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun), yang dikeluarkan United kala memboyong Harry Maguire dari Leicester City pada 2019 silam, masih masuk dalam perhitungan ini. Pun dengan biaya transfer sebesar 72 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun) yang dikeluarkan untuk mendatangkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund pada 2021 silam.

Tidak hanya itu, perekrutan Antony dari Ajax Amsterdam pada awal musim lalu juga menjadi salah satu transfer dengan biaya selangit. MU rela merogoh kocek sedalam 85 juta poundsterling (Rp 1,6 triliun) untuk mendatangkan winger asal Brasil tersebut. Sementara pada musim ini, MU menghabiskan dana sebesar 132 juta poundsterling (Rp 2,5 triliun) untuk merekrut Mason Mount dan Rasmus Hojlund.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement