Kamis 14 Sep 2023 21:36 WIB

Ubah Keputusan Angkat Gattuso, Lyon Kini Tunjuk Fabio Grosso Jadi Pelatih

Lyon berada di dasar klasemen Ligue 1 dengan nilai satu dari empat laga.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Fabio Grosso calon pelatih Olympique Lyon.
Foto: EPA-EFE/SIMONE VENEZIA
Fabio Grosso calon pelatih Olympique Lyon.

REPUBLIKA.CO.ID, LYON -- Sempat dihubungkan dekat dengan penandatanganan Gennaro Gattuso, klub Ligue 1 Prancis, Olympique Lyon, justru dilaporkan segera menunjuk Fabio Grosso sebagai juru taktik baru.

Lyon membutuhkan ahli taktik baru setelah resmi memecat Laurent Blanc yang gagal membawa Les Gones tampil menjanjikan dengan hanya mampu mengamankan satu poin dari empat partai terakhir Liga Prancis.

Baca Juga

Dalam dua hari terakhir, klub dikatakan segera merampungkan kepindahan eks pelatih Napoli dan AC Milan, Gattuso, ke Stade Groupama. Namun dilansir Football Italia, Kamis (14/9/2023), keputusan untuk mengangkat sosok pengganti Blanc berubah.

Sebelumnya, bos Lyon dan kepala Eagle Football Holdings, John Textor, menggelar pembicaraan dengan mantan pelatih kepala Chelsea Graham Potter, pemenang Liga Europa 2022 bersama Eintracht Frankfurt Oliver Glasner, dan pelatih Red Star Habib Beye. Ketiganya menolak kesempatan untuk melatih tim Lyon yang sedang terdampar di dasar klasemen Ligue 1. 

Gattuso dilaporkan setuju untuk melanjutkan karier kepelatihannya di Lyon, tetapi Textor akhirnya berubah pikiran dari awalnya ingin menunjuk eks gelandang kharismatik AC Milan itu. Ia memilih Grosso. 

Pria berusia 45 tahun itu memiliki sejarah bersama Lyon. Grosso pernah mewakili Les Gones sebagai pemain sejak 2007 hingga 2009.

Ia pensiun dari dunia sepak bola pada 2012 dengan mengambil sekolah kepelatihan di akademi muda Juventus sebelum pindah ke Barca, Verona, Brescia, FC Sion, dan terbaru Frosinone.

Grosso membawa Frosinone promosi dengan memenangkan gelar Serie B, tapi pergi pada musim panas karena menginginkan tantangan baru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement