Selasa 19 Sep 2023 18:23 WIB

Oriel Romeu Sudah tak Sabar Lakoni Debut Bersama Barcelona di Liga Champions

Romeu kemungkinan besar akan kembali dipercaya tampil sebagai starter.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Oriel Romeu
Foto: dok Barcelona
Oriel Romeu

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Oriol Romeu muncul sebagai salah satu pilihan utama pelatih Xavi Hernandez di lini tengah Blaugrana pada awal musim ini. Gelandang bertahan asal Spanyol itu selalu dipercaya tampil sejak menit pertama dalam lima laga terakhir klub asal Katalunya tersebut, termasuk saat mencukur Real Betis 5-0, akhir pekan lalu. 

Sempat dianggap gagal pada kesempatan pertama membela Barcelona, Romeu seolah menebus kekecewaan itu pada musim ini. Pemain yang direkrut dari Girona itu menjadi pelengkap duet Gavi dan Frenkie de Jong di lini tengah Blaugrana. 

Baca Juga

Sementara Gavi dan De Jong ditempatkan sebagai gelandang tengah, Romeu diplot sebagai gelandang bertahan, yang beroperasi di depan lini belakang. Pemain berusia 31 tahun itu pun terbukti mampu begitu cepat beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona.

Dengan menilik performa di lima laga terakhir, Romeu kemungkinan besar akan kembali dipercaya tampil sebagai starter di lini tengah Barcelona, tepatnya saat menjamu Royal Antwerp di laga pembuka penyisihan Grup H Liga Champions, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB.

Laga yang bakal digelar di Stadion Olympic Lluis Companys itu pun dapat menjadi torehan istimewa buat Romeu. Apabila diturunkan di laga tersebut, maka Romeu akan melakoni debutnya bersama Barcelona di pentas Liga Champions. Mantan gelandang bertahan Southampton itu pun mengaku tidak sabar untuk bisa tampil di laga tersebut.

"Saat bergabung bersama Southampton, beberapa tahun lalu, saya tidak menyangka akan kembali ke Barcelona dan menjadi salah satu pilihan utama. Kini, saya bisa tampil di Liga Champions bersama Barcelona. Saya senang dan siap menjawab semua tantangan itu," ujar Romeu seperti dilansir laman resmi klub, Selasa (19/9/2023).

Menimba ilmu sepak bola di akademi La Masia, Romeu sempat dipromosikan ke tim utama Barcelona pada awal musim 2010/2011. Namun, performa Romeu dinilai kurang memuaskan dan hanya tampil di satu pertandingan. Alhasil, Barcelona melepas Romeu ke Chelsea pada 2011. Di Chelsea, sinar Romeu juga tidak terlalu terang. Romeu bahkan sempat menjalani sejumlah masa peminjaman sebelum akhirnya dilepas ke Southampton pada 2015.

Tampil apik di Southampton, Romeu kembali ke Spanyol dan membela Girona pada awal musim lalu. Usai hanya absen di lima partai La Liga, Romeu ternyata menarik minat Barcelona. Romeu akhirnya direkrut dari Girona dan diikat dengan durasi kontrak selama tiga tahun pada awal musim ini.

Romeu pun cukup yakin dengan peluang Blaugrana untuk bisa menorehkan prestasi di pentas Liga Champions musim ini. Maklum, Barcelona terus mendapatkan sorotan usai gagal melaju ke babak 16 besar Liga Champions di dua musim terakhir. Ini menjadi prestasi terburuk Blaugrana di pentas Liga Champions sejak musim 2000/2001.

"Ada suasana positif yang terbangun di tim ini. Kami cukup optimis. Tim ini semakin baik dari satu laga ke laga berikutnya. Ide untuk terus melaju ke kompetisi Eropa adalah tantangan yang besar. Kami akan menunjukan kemampuan terbaik kami dan melaju sejauh mungkin di kompetisi ini," kata Romeu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement