Rabu 20 Sep 2023 06:09 WIB

Barcelona Pesta Gol ke Gawang Royal Antwerp, Felix Sumbang Dua

Joao Felix juga mencetak assist untuk gol Lewandowski dalam kemenangan Barcelona 5-0.

Penyerang Barcelona Joao Felix
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Penyerang Barcelona Joao Felix

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Penyerang baru Barcelona, Joao Felix, mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 atas tim tamu Royal Antwerpen dalam laga pembuka Grup H Liga Champions di Stadion Olimpiade Lluis Companys, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB. Setelah tersingkir secara beruntun di fase grup Liga Champions, Barcelona tampil perkasa, seolah memberikan tim debutan Antwerp bagaimana sepak bola level atas dimainkan.

Tim asuhan Xavi Hernandez mendominasi penguasaan bola dengan operan-operan cepat yang dipungkasi oleh gol-gol Felix, Robert Lewandowski, Gavi, dan bunuh diri Jelle Bataille.

Baca Juga

"Antara kemenangan ini dan kemenangan 5-0 atas Betis pada Sabtu, saya kira ini merupakan kualitas permainan terbaik yang telah kami tampilkan sejak saya mengambil alih. Inilah jalan yang kami inginkan. Tim ini membuat saya bangga," ujar Xavi Hernandez.

Pemain yang masuk jelang penutupan jendela transfer, Felix, membuka skor dengan tembakan pertama tim tuan rumah pada menit ke-11. Ia mencetak gol dengan tendangan rendah ke tiang dekat.

Pemain asal Portugal ini kemudian memberikan umpan kepada Robert Lewandowski di dalam kotak penalti untuk menggandakan keunggulan mereka delapan menit kemudian. Penyerang asal Polandia ini menjadi pemain ketiga yang berhasil mencetak 100 gol di kompetisi Eropa, setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Raphinha membantu membuat skor menjadi 3-0 untuk sang juara Eropa lima kali itu setelah 22 menit ketika tendangannya dari sudut sempit berbelok dan membentur pemain bertahan Jelle Bataille sehingga menjadi gol bunuh diri.

Pemain sayap Arbnor Muja memiliki kesempatan untuk memberikan secercah harapan bagi tim tamu sebelum turun minum. Namun tendangan mendatarnya dari tepi kotak penalti masih dapat digagalkan oleh kiper Marc Andre ter Stegen.

Barca kembali setelah jeda dengan tekad untuk memperbesar keunggulan dalam laga musim ke-28 mereka di fase grup Liga Champions, sebuah rekor kompetisi yang sama dengan Real Madrid.

Mereka tidak perlu menunggu lama karena Gavi membuat skor menjadi 4-0 dengan memasukkan bola ke atap gawang sebelum Felix menambahkan satu gol lagi melalui sundulan untuk melengkapi kemenangan di kandang sementara Barca Stadion Olimpiade Lluis Companys, ketika Camp Nou sedang dalam tahap pembangunan.

Dominasi Barca tercermin dari 22 percobaan gol berbanding hanya tiga dari Antwerpen, yang bermain di Liga Champions setelah memenangkan gelar liga domestik untuk pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun terakhir musim lalu.

Ini adalah musim kelima berturut-turut tim Belgia di Eropa dan yang kedua bagi mereka di kompetisi antarklub terkemuka di benua itu setelah tampil di Piala Eropa pada musim 1957-58.

"(Tiga tembakan pertama Barcelona) yang tepat sasaran adalah tiga gol untuk mereka," kata pelatih Antwerp Mark van Bommel.

"Mereka berada di puncak dunia. Itu masuk akal, mereka terus bermain, mengetuk, berbelok, ke sanalah kami harus melangkah, tetapi kami masih jauh dari itu, tetapi itu tidak memalukan. Itu adalah momen pembelajaran yang sangat besar bagi kami."

Pada pertandingan Grup H lainnya, Porto mengalahkan juara Ukraina, Shakhtar Donetsk, dengan skor 3-1 di Hamburg.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement