Rabu 20 Sep 2023 20:53 WIB

Jelang Laga Kedua Asian Games, Timnas Sepak Bola Indonesia Punya Kans Lolos ke Babak Gugur

Timnas Indonesia akan lolos ke babak gugur jika menang dan Korut juga raih tiga poin.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Skuad timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.
Foto: Dok. PSSI/NOC
Skuad timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi China Taipei (Taiwan) pada laga kedua Grup F Asian Games 2022 (2023) Hangzhou. Laga tersebut akan digelar di Stadion Zhejiang Normal University East, Kamis (21/9/2023). Garuda Muda punya kans untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar pada laga tersebut.

Sebelumnya, tim asuhan Indra Sjafri telah mengemas tiga poin dari kemenangan 2-0 atas Kirgistan di laga perdana. Hasil tersebut menjadi modal positif bagi Rizky Ridho dkk menjelang laga melawan China Taipei. Tim Merah Putih seharusnya punya kepercayaan diri tinggi mengingat di ajang berbeda, yakni kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia berhasil mencukur China Taipei dengan skor 9-0.

Baca Juga

Kendati demikian, pertarungan di Asian Games tentu tidak akan sama dengan Kualifikasi AFC U-23 lalu. Pasalnya, China Taipei membawa skuad yang berbeda di Asian Games ini. Dari total 21 pemain yang dibawa, hanya dua pemain yang merasakan kekalahan 0-9, sementara sisanya merupakan pemain anyar.

Kemenangan pada laga ini akan memastikan timnas Indonesia lolos ke babak gugur. Itu dengan catatan Korea Utara juga menaklukkan Kirgistan pada laga lebih larut. Koleksi enam poin cukup bagi Indonesia untuk lolos ke 16 besar. Anak asuh Indra Sjafri hanya tinggal memastikan sebagai juara Grup F atau runner-up ketika menghadapi Korea Utara pada laga terakhir fase grup tiga hari berikutnya.

Namun, kondisi timnas Indonesia U-24 memang tidak ideal karena hanya berkekuatan 20 pemain dari 22 nama yang dipanggil. Indra Sjafri tak bisa menggunakan kekuatan Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung) dan Ramadhan Sananta (Persis Solo) yang tak dilepas oleh klub karena mengalami cedera. Sebab itu Indra harus memutar otak untuk merotasi pemain di laga nanti.

Indonesia saat ini masih menempati puncak klasemen Grup F diikuti Korea Utara. Keduanya mempunyai poin yang sama, yakni tiga poin. Jika kedua tim sama-sama mengunci kemenangan di laga kedua, posisi mereka tidak akan terkejar oleh Kirgistan dan Taiwan. Indonesia dan Korea Utara selanjutnya tinggal menentukan posisi juara grup dan runner up.

Prediksi susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Robi Darwis, Andy Setyo, Rizky Ridho, Haykal Al Hafiz; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Muhammad Taufany; Ramai Rumakiek, Titan Agung, Egy Maulana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement