Kamis 21 Sep 2023 11:36 WIB

Ini Alasan Arteta Begitu Emosional Saat Hadapi PSV Eindhoven

Arsenal kembali tampil di Liga Champions setelah absen dalam enam tahun terakhir.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui sangat emosional menghadapi laga pertama Liga Champions melawan PSV Eindhoven di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB. Pasalnya, ini menandai kembalinya the Gunners ke kompetisi antarklub paling akbar di Eropa setelah absen dalam enam tahun terakhir.

“Itu adalah malam yang indah setelah sekian lama,” ujar Arteta usai pertandingan dilansir dari Standard.

Baca Juga

Arteta mengatakan, sangat menyenangkan menyaksikan atmosfer dan musik Liga Champions. Semua orang merasa emosional sebelum pertandingan dimulai. Menurut Arteta, timnya tampil luar biasa di pertandingan spesial ini.

Pelatih asal Spanyol itu mengatakan, sejatinya ingin mengontrol rasa emosionalnya tetapi itu tidak banyak yang bisa dilakukan. Namun, Arteta akan bekerja keras agar Arsenal selalu ada di level ini.

Menurut Arteta, pasukannya memanfaatkan energi dan emosi dengan cara yang benar di laga tersebut. "Tentu saja kami harus berkompetisi di level ini, namun Anda harus menikmatinya karena menurut saya pada akhirnya itulah yang akan menjadi kenangan," katanya.

Arsenal menandai kembalinya ke Liga Champions dengan kemenangan 4-0 atas PSV. The Gunners tampil percaya diri di hadapan pendukungnya sendiri.

Menurut Arteta, Arsenal bermain luar biasa di dalam kotak penalti. Ia menambahkan, untuk meningkatkan kemampuan bermain di dalam kotak diperlukan analisa yang tepat. Kemampuan tersebut harus sering diasah pada saat latihan. Arteta juga memuji cara pemainnya bermain pada momen tertentu.

Setelah ini, skuad Meriam London tidak bisa berleha-leha. Pasalnya, Arsenal akan bertanding di derbi London melawan Tottenham Hotspur akhir pekan nanti. Dan Arteta rupanya sadar bahwa laga ini sangat penting sehingga ia mengistirahatkan banyak pemain kunci pada babak kedua melawan PSV.

"Dan sekarang kami punya waktu tiga hari untuk mempersiapkan pertandingan besar lagi, pertandingan spesial bagi kami, dan kami akan berusaha melakukannya dengan cara terbaik," kata Arteta menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement