Rabu 20 Sep 2023 21:10 WIB

Cara Arteta Atasi Ketegangan Pimpin Arsenal Tampil di Liga Champions

Arsenal kembali ke Liga Champions setelah lima musim absen.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Arsenal Mikel Arteta
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Arsenal Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal akan melakoni partai perdana Liga Champions setelah absen di kompetisi ini dalam lima musim terakhir. Lawatan PSV Eindhoven ke Stadion Emirates, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB, bakal menjadi penanda awal kembalinya the Gunners di pentas Liga Champions.

Keberhasilan finis di peringkat kedua Liga Primer Inggris musim lalu mengantarkan Bukayo Saka dan kawan-kawan memastikan satu tempat di fase grup Liga Champions musim ini. The Gunners akhirnya kembali berkiprah di Liga Champions setelah absen selama lima musim.

Baca Juga

Laga kontra PSV Eindhoven pada laga pembuka penyisihan Grup B itu juga menjadi laga debut buat Mikel Arteta selaku pelatih dan sejumlah pemain the Gunners, seperti Bukayo Saka dan Declan Rice, di Liga Champions. Kekhawatiran pun muncul terkait ketegangan yang bakal dirasakan para penggawa the Gunners dan Arteta pada laga tersebut.

Namun, Arteta berusaha menepis ketegangan tersebut. Pelatih asal Spanyol itu mengungkapkan, the Gunners akan menatap laga kontra PSV Eindhoven seperti laga di pentas Liga Primer Inggris. Arsenal, ujar Arteta, telah terbiasa menghadapi tim-tim papan atas Eropa di arena Liga Primer Inggris.

"Kami harus memperlakukan laga ini sama seperti laga lainnya. Kami sudah terbiasa tampil menghadapi tim papan atas di Liga Primer Inggris. Kini, kami akan menghadapi tim yang memiliki kemampuan luar biasa. Hal terbaiknya adalah kami sudah terbiasa berduel dengan tim seperti ini. Jadi, laga nanti tidak akan ada bedanya," kata Arteta seperti dilansir laman resmi klub, Rabu (20/9/2023).

The Gunners menatap laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. The Gunners menjadi satu dari empat tim yang belum terkalahkan di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Empat kemenangan dan satu hasil imbang ditorehkan The Gunners di lima partai awal Liga Primer Inggris musim ini.

The Gunners pun mampu memetik kemenangan beruntun di dua laga terakhir, termasuk saat mencuri kemenangan, 1-0, di markas Everton, akhir pekan lalu. Kendati begitu, PSV Eindhoven bukan lawan yang bisa dipandang sebelah mata. Runner-up Liga Belanda musim lalu itu menorehkan rekor tidak terkalahkan di enam laga awal di semua ajang pada awal musim ini.

Kemenangan besar 4-0 atas NEC Nijmegen, akhir pekan lalu, menjadi catatan terakhir penampilan tim besutan Peter Bosz itu sebelum terbang ke Stadion Emirates. Arteta pun sadar dengan tantangan besar yang dihadapi The Gunners di langkah awal di pentas Liga Champions musim ini.

"Kami akan menghadapi lawan yang begitu bagus di laga berikutnya. Mereka tidak pernah kalah pada awal musim ini dan sebagian hasil yang mereka raih adalah kemenangan. Mereka sudah terbiasa meraih kemenangan seperti layaknya tim di Liga Champions lainnya. Saya cukup yakin, laga ini tidak akan berjalan mudah buat kami," ujar eks asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement