Kamis 21 Sep 2023 17:00 WIB

Timnas Indonesia U-24 Takluk dari China Taipei U-24, Peluang Lolos Babak Gugur Jadi Berat

Timnas Indonesia yang tampil monoton dalam serangan takluk 0-1 dari China Taipei.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia Ramai Rumakiek (kanan) saat melawan China Taipei pada sepak bola putra Asian Games 2022 Hangzhou.
Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As
Pemain timnas Indonesia Ramai Rumakiek (kanan) saat melawan China Taipei pada sepak bola putra Asian Games 2022 Hangzhou.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Timnas sepak bola U-24 Indonesia gagal meraih poin saat melawan China Taipei pada laga kedua Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zhejiang Normal University East, Kamis (21/9/2023). China Taipei bermain rapi dan disiplin dalam bertahan memenangi laga dengan skor 1-0.

Hasil ini membuat peluang lolos berubah menjadi berat. Indonesia harus mengalahkan Korea Utara pada laga terakhir untuk kemudian melihat hasil laga China Taipei vs Kirgistan serta pertandingan di grup-grup lainnya. (Lihat di sini skenario Indonesia untuk lolos)

Baca Juga

China Taipei bermain menunggu di area pertahanan mereka sambil menanti kesempatan serangan balik. Rapatnya jarak antarpemain membuat Egy Maulana Vikri dkk sulit mendapatkan celah menembus pertahanan China Taipei. 

Lawan juga sesekali keluar memberikan tekanan saat serangan mereka dipatahkan Rizky Ridho dkk. Namun, kebanyakan China Taipei menunggu di daerah mereka tanpa melewati garis tengah saat Indonesia menguasai bola.

Serangan pertama diberikan China Taipei pada laga ini. Ancaman berhasil mereka ciptakan pada menit ketiga. Pemain nomor 8 Wu Yen Shu lepas dari penjagaan pemain belakang Indonesia dan mencoba mengejar umpan terobosan di sisi kanan serangan. Namun, aksinya masih bisa dihentikan dan menghasilkan lemparan ke dalam.

Pada menit ketujuh, Alfeandra Dewangga mengeksekusi tendangan bebas dari pelanggaran terhadap Egy tak jauh dari kotak penalti. Namun, bola tepat ke pelukan kiper Chiu Yu Hung.

China Taipei kembali menebar ancaman pada menit ke-13 dari sisi kiri hingga menembus area kotak penalti. Peluang tercipta saat bola terangkat ke depan gawang Indonesia. Namun, Adi Satryo melakukan penyelamatan penting dengan memenangkan duel dengan Li Wei Chien. 

Indonesia mencoba mempertahankan penguasaan bola lebih lama. Namun, tim Merah Putih kesulitan menembus pertahanan China Taipei yang solid. Percobaan dilakukan Egy Maulana pada menit ke-19 saat menerima bola liar dari luar kotak penalti. Namun, upaya tersebut masih meleset di atas mistar gawang.

Peluang emas dimiliki Bagas Kaffa pada menit ke-22. Pemain Barito Putera itu bermanuver di kotak penalti lawan sebelum kemudian melepaskan tembakan yang mengarah langsung ke gawang tapi itu masih dapat diblokir oleh Chiu Yu Hung dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Situasi...

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement