Kamis 21 Sep 2023 17:51 WIB

Ini Skenario Indonesia ke Babak 16 Besar Sepak Bola Asian Games, Tetap Terbuka Walau Rumit

Indonesia butuh mengalahkan Korut pada laga terakhir untuk memastikan lolos.

Pemain timnas Indonesia Ramai Rumakiek (kanan) saat melawan China Taipei pada sepak bola putra Asian Games 2022 Hangzhou.
Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As
Pemain timnas Indonesia Ramai Rumakiek (kanan) saat melawan China Taipei pada sepak bola putra Asian Games 2022 Hangzhou.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-24 takluk dari China Taipei U-24 pada laga kedua Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zhejiang Normal University East, Kamis (21/9/2023) petang. China Taipei yang tidak dijagokan menang justru bermain rapi dan disiplin untuk memenangi laga dengan skor 1-0.

Hasil ini membuat peluang lolos timnas Indonesia U-24 ke babak 16 besar tak lagi sebesar sebelumnya. Ada beberapa skenario terbaik yang mungkin tercipta untuk memuluskan langkah skuad Merah-Putih ke babak gugur. Berikut beberapa kemungkinannya.

Baca Juga

Andai Korea Utara mengalahkan Kirgistan malam ini

Jika Korea Utara (Korut) menang, Indonesia harus mengalahkan Korut dalam pertemuan terakhir lusa. Setelah itu, baru dilihat hasil pertemuan antara China Taipei vs Kirgistan. Jika China Taipei menang, maka akan ada perhitungan tie breaker antara tiga tim yang bernilai enam, yakni Indonesia, Korut, dan China Taipei.

Jika Indonesia mengalahkan Korut dengan selisih satu gol, Indonesia akan finis sebagai runner-up Grup F. Namun selisihnya jika lebih besar dari satu gol (2-0, 3-1, dst), maka Indonesia akan berstatus juara grup. 

Jika Indonesia bermain imbang kontra Korut, maka kita berharap Kirgistan mengalahkan China Taipei. Jika ini terjadi, Indonesia akan lolos sebagai runner-up grup.

Jika Indonesia kalah dari Korut, Kirgistan harus mengalahkan China Taipei dengan selisih tak lebih dari dua gol. Ini akan menempatkan Indonesia di posisi runner-up.

Andai Kirgistan mengalahkan Korut

Jika Kirgistan mengarahkan Korut malam nanti, Indonesia butuh memenangi pertandingan pada laga terakhir kontra Korut tanpa memedulikan hasil laga Kirgistan vs China Taipei. Jika Kirgistan menang, Indonesia akan menjadi juara grup. Namun jika Kirgistan kalah, Indonesia akan menjadi runner-up.

 

Jika...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement