Kamis 21 Sep 2023 19:52 WIB

Ada Andil Jepang, Tim Voli Indonesia Akhirnya Lolos ke Babak 12 Besar Asian Games

Indonesia ikut lolos dan berpotensi bertemu penguasa Grup A, tuan rumah China.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas voli putra Indonesia.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Timnas voli putra Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Tim voli putra Indonesia lolos ke babak 12 besar Asian Games Huangzhou 2022. Ini setelah awak merah putih finis sebagai runner up Grup F di bawah Jepang.

Doni Haryono dan rekan-rekan meraih dua kemenangan dari tiga pertandingan. Indonesia mengoleksi enam poin. Pada partai terakhir, pasukan Garuda mengalahkan Afganistan, 3-0 di Deqing Sport Centre Gymnasium, Huangzhou, Kamis (21/9/2023) siang WIB.

Baca Juga

Para wakil tanah air bersaing dengan Filipina. Di partai terakhir, sesama negara Asia Tenggara itu dikalahkan Jepang. Steven Charles dkk takluk 0-3 dari Jepang di Deqing Sport Centre Gymnasium, Kamis (21/9/2023) malam WIB.

Meski sudah memastikan diri lolos sejak kemarin, Jepang tetap bermain serius. Tekanan demi tekanan dilancarkan skuad negeri Matahari Terbit. Juara Asia 2023 ini mendominasi sejak awal.

Pada set pertama, Jepang unggul 25-19. Berlanjut ke tahapan berikutnya. Kali ini, Filipina tak memberi perlawanan berarti.

Masahiro Yanagida dkk terlampau tangguh bagi tim lawan. Jepang unggul 25-14 pada tahapan ini. Berlanjut ke set ketiga.

Penampilan Filipina mulai membaik. Steven Charles Rotter dkk terus menjaga keunggulan. Jepang baru bisa menyamakan kedudukan di angka 20-20.

Penggawa Negeri Matahari Terbit menunjukkan mental juara. Namun, pertandingan belum benar-benar berakhir. Hiroto Nishiyama dkk tertinggal lagi 21-22. 

Saat laga memasuki momen krusial, Jepang berbalik memimpin. Pemilik satu medali emas Olimpiade itu akhirnya kembali menang. Kali ini mereka unggul 25-23 di set ketiga.

Dengan demikian, Filipina tersingkir. Jepang kokoh di singgasana Grup F. Indonesia ikut lolos dan berpotensi bertemu penguasa Grup A, tuan rumah China.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement