Sabtu 23 Sep 2023 20:26 WIB

Bezzecchi Alami Start Buruk, Jorge Martin Rebut Juara Sprint Race GP India

Francesco Bagnaia finish di posisi kedua dan Marc Marquez di posisi ketiga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Pramac Ducati, Jorge Martin.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Pramac Ducati, Jorge Martin.

REPUBLIKA.CO.ID, NOIDA -- Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, menjadi yang tercepat di sesi sprint race GP India, Sabtu (23/9/2023) malam WIB. Mengawali lomba di posisi kedua, pembalap asal Spanyol mencatatkan waktu 19 menit 18,83 detik dalam melahap 11 putaran di sesi sprint race edisi perdana GP India di era MotoGP tersebut.

Pembalap berusia 25 tahun itu tampil dominan dengan mencatatkan keunggulan 1,38 detik dari pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, yang finish di posisi kedua.

Baca Juga

Podium terakhir di sesi sprint race tersebut ditempati oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Ini menjadi podium pertama pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP itu di seri sprint race sejak seri pembuka MotoGP di GP Portugal, yang dihelat di Sirkuit Portimao.

Buat Martin, ini menjadi kemenangan kedua secara beruntun usai meraih prestasi serupa di GP San Marino, Sirkuit Misano, dua pekan lalu. Kesuksesan di sesi sprint race tersebut dilengkapi Martin dengan menjadi yang tercepat di sesi balapan utama GP San Marino.

Martin memulai dominasinya di sprint race GP Italia sejak awal lomba. Martin langsung mengambil alih posisi terdepan menyusul insiden yang melibatkan pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi. Pembalap asal Italia itu memang mengawali lomba dari posisi terdepan.

Namun, Bezzecchi sempat terlibat insiden dengan rekan setimnya, Luca Marini. Bagian belakang motor tunggangan Bezzecchi sempat tertabrak Marini pada awal balapan. Imbasnya, posisi Bezzecchi melorot hingga ke posisi kedelapan. Di sisi lain, Martin terus melaju dan mulai menjauh dari kejaran para pesaingnya.

Meski mengalami start buruk, Bezzecchi terbukti mampu memperbaiki performa di sisa balapan. Anak didik legenda MotoGP, Valentino Rossi, itu terus mencatatkan waktu tercepat balapan seraya memperbaiki posisi. Mampu mengambil alih posisi ketujuh dari Maverick Vinales, Bezzecchi terus mendekat ke Jack Miller, yang berada di peringkat ketujuh.

Satu putaran kemudian, posisi ketujuh pun menjadi milik Bezzecchi. Puncaknya, Bezzecchi sukses merebut posisi kelima dari pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo, setelah melakukan manuver di tikungan keempat. Namun, sebelum mampu mendekat ke tiga posisi terdepan, pembalap berusia 24 tahun itu sudah kehabisan waktu dan harus puas finish di peringkat kelima.

Kendati begitu, Bezzecchi masih memiliki kesempatan untuk bisa menunjukkan performa apiknya pada di sesi balapan utama GP India yang rencananya akan digelar pada Ahad (24/9/2023) petang WIB.

Hasil Sprint Race GP India:

1.  Jorge Martin - Pramac Ducati (GP23)

2.  Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo (GP23)

3.  Marc Marquez    - Repsol Honda (RC213V)

4.  Brad Binder - Red Bull KTM (RC16)

5.  Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Ducati (GP22)

6.  Fabio Quartararo - Monster Yamaha (YZR-M1)

7.  Jack Miller    - Red Bull KTM (RC16)

8.  Maverick Vinales - Aprilia Factory (RS-GP23)

9.  Raul Fernandez - RNF Aprilia (RS-GP22)

10. Fabio Di Giannantonio - Gresini Ducati (GP22)

11. Augusto Fernandez - Tech3 GASGAS (RC16)

12. Miguel Oliveira - RNF Aprilia (RS-GP22)

13. Takaaki Nakagami - LCR Honda (RC213V)

14. Michele Pirro - Ducati Lenovo (GP23)

15. Franco Morbidelli - Monster Yamaha (YZR-M1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement