Ahad 24 Sep 2023 02:02 WIB

Juventus Rasakan Kekalahan Pertama Musim Ini di Kandang Sassuolo

Sassuolo menaklukkan Juventus 4-2 dalam lanjutan Serie A Liga Italia.

Pemain Sassuolo Andrea Pinamonti mencetak gol timnya ke gawang Juventus dalam lanjutan Serie A Liga Italia. Sassuolo mengalahkan Juventus 4-2.
Foto: EPA-EFE/ELISABETTA
Pemain Sassuolo Andrea Pinamonti mencetak gol timnya ke gawang Juventus dalam lanjutan Serie A Liga Italia. Sassuolo mengalahkan Juventus 4-2.

REPUBLIKA.CO.ID, SASSUOLO -- Juventus menderita kekalahan pertama di Serie A Liga Italia musim 2023/24 setelah takluk 2-4 di kandang Sassuolo. Bianconeri sempat bangkit untuk menyamakan kedudukan dua kali, pertama melalui gol bunuh diri Matias Vina di babak pertama dan Federico Chiesa pada menit ke-78 di babak kedua.

Namun, tim tuan rumah mengembalikan keunggulan mereka di menit ke-82. Gol bunuh diri Federico Gatti di menit terakhir waktu tambahan melengkapi kemenangan Sassuolo.

Baca Juga

Sassuolo naik ke posisi 11 dengan nilai enam. Adapun Juventus berada di peringkat empat dengan nilai 10.

Jalannya Laga

Hujan yang mulai turun sesaat sebelum kick-off di Stadion Mapei turut berperan dalam terciptanya gol pembuka pertandingan. Pada menit ke-12, sebuah tendangan menukik dan melengkung dari jarak jauh yang dilakukan Armand Laurienté berhasil memperdaya Wojciech Szczesny, dengan bola melewati sarung tangan sang kiper dan masuk ke dalam gawang.

Bianconeri merespons dan menyamakan kedudukan dalam waktu 10 menit. Federico Chiesa menciptakan ancaman ketika ia melepaskan umpan yang tidak mampu diantisipasi oleh lini pertahanan tuan rumah. Matias Vina membelokkan bola ke dalam gawangnya sendiri dari jarak dekat di bawah tekanan Weston McKennie.

Tepat sebelum babak pertama berakhir, Manuel Locatelli nyaris mencetak gol dari tepi kotak penalti. Beberapa saat kemudian, Federico Gatti mencoba memberikan umpan kepada Danilo untuk melakukan tap-in menyusul tendangan bebas yang dilakukan dengan baik, tapi sang kapten tidak dapat menjangkau bola yang melintas di depan gawang.

Pada menit ke-38, Szczesny menebus kesalahannya dengan melakukan penyelamatan gemilang, menepis bola sundulan keras dari Ruan Tressoldi. Namun, dua menit kemudian tuan rumah memulihkan keunggulan mereka, ketika Berardi menyapu bola melewati Szczesny dengan tendangan first-time di tepi kotak penalti.

Tendangan bebas Federico Chiesa yang melebar dari sasaran delapan menit setelah babak kedua dimulai, menunjukkan keinginan Juve untuk menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya, dan mereka berhasil melakukannya pada menit ke-78. Chiesa yang akhirnya mencetak gol. Pemain bernomor punggung 7 ini melepaskan tendangan yang tak mampu dihentikan Alessio Cragno setelah mendapat umpan dari Nicolò Fagioli.

Sebelum gol penyeimbang dari Chiesa, Laurienté dan Dusan Vlahovic menyia-nyiakan peluang emas yang hanya mampu ditepis oleh penjaga gawang lawan - sebuah tanda bahwa pertahanan mereka tidak dalam kondisi prima.

Faktanya, gol kelima dalam laga ini tercipta hanya empat menit setelah Bianconeri menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya. Laurienté melepaskan tembakan yang mirip dengan tembakan yang berbuah gol pembuka. Kali ini Szczesny melakukan penyelamatan. Namun Andrea Pinamonti menjadi yang tercepat dalam bereaksi terhadap bola rebound dan menempatkan sundulannya ke dalam gawang yang tak terjaga.

Juventus terus menekan untuk mencari gol penyeimbang ketiga pada malam itu. Namun Juve hampir saja kecolongan melalui serangan balik pada masa tambahan waktu, ketika tembakan Gregoire Defrel membentur bagian bawah mistar gawang. Ternyata, masih ada satu gol lagi untuk Sassuolo, ketika Gatti memasukkan bola ke gawangnya sendiri pada menit terakhir tambahan waktu.

Statistik Laga

Sassuolo 4-2 Juventus (HT: 2-1)

Pencetak gol: 13′ Laurienté, 41′ Berardi, 82′ Pinamonti, 90'+5′ Gatti o.g.; 21′ Vina o.g., 78′ Chiesa, 

Kartu kuning: 36′ Rabiot, 51′ Boloca, 55′ Danilo, 58′ Berardi, 64′ Vina, 83′ Pinamonti

Sassuolo

Cragno; Toljan, Erlic, Tressoldi (46′ Viti), Vina (90'+1′ Ferrari); Matheus Henrique, Boloca; Berardi, Bajrami (85′ Castillejo), Lauriente (85′ Pedersen); Pinamonti (85′ Defrel). Cadangan tidak digunakan: Pegolo, Theiner, Missori, Racic, Mulattieri, Obiang, Ceide, Volpato, Thorstvedt. Pelatih Dionisi.

Juventus

Szczesny; Gatti, Bremer, Danilo; McKennie (60′ Weah), Miretti (46′ Fagioli), Locatelli (83′ Milik), Rabiot, Kostic (46′ Iling); Vlahovic (75′ Kean), Chiesa. Cadangan tidak digunakan: Pinsoglio, Perin, Huijsen, Rugani, Cambiaso, Nicolussi Caviglia. Pelatih Allegri.

Wasit: Colombo

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement