Rabu 27 Sep 2023 17:51 WIB

Mengintip Kekuatan Uzbekistan U-24, Timnas Indonesia U-24 Harus Waspada

Timnas Uzbekistan U-24 lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Skuad timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.
Foto: Dok. PSSI/NOC
Skuad timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-24 dipastikan akan menghadapi Uzbekistan U-24 pada babak 16 besar Asian Games 2022 (2023) di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis (28/9/2023). Skuad Garuda Nusantara harus waspada dengan kekuatan tempur yang dimiliki tim asuhan Timur Kapadze.

Uzbekistan U-24 lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C setelah menaklukkan Hongkong dua kali (1-0 dan 2-1). Grup C sejatinya berisi empat tim, sebelum Afganistan dan Suriah mengundurkan diri tak lama menjelang perhelatan tersebut dimulai.

Baca Juga

Modal tim berjuluk Young White Wolves memang tampak biasa saja saat melawan Hongkong di fase grup. Tapi jangan salah, tim asuhan Timur Kapadze punya kekuatan tempur yang tak boleh dianggap remeh oleh pasukan Garuda Nusantara.

Pasalnya, Timur membawa mayoritas pemain yang memperkuat tim Uzbekistan U-24 di kualifikasi Piala Asia U-23 2024 awal September lalu. Tercatat hanya lima nama yang berbeda dari skuad yang dibawa Timur untuk memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-23 2024.

Di ajang itu, Uzbekistan menorehkan catatan gemilang dengan mengemas 19 gol dan hanya kebobolan satu kali. Saat itu, Uzbekistan berada dalam satu grup dengan Afganistan, Hongkong, dan Iran. Uzbekistan menaklukkan Afganistan dengan skor 8-1, Hongkong (10-0), dan Iran (1-0).

Ada satu nama pemain Uzbekistan U-24 yang harus diwaspadai pasukan Indra Sjafri. Ia adalah Khusain Norchaev, yang merupakan ujung tombak Young White Wolves. Di perhelatan ini, Khusain memang belum mencatatkan gol di laga pertama melawan Hongkong dan absen di laga kedua.

Tapi, di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 lalu, Norchaev tampil trengginas dengan mencetak hat-trick ke gawang Hong Kong dan Afganistan. Itu menunjukkan betapa pemain 21 tahun itu punya insting kuat untuk mencetak gol. Pelatih Indra Sjafri mungkin harus menyiapkan strategi khusus untuk membendungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement