Senin 02 Oct 2023 14:41 WIB

Allegri Klaim Kepercayaan Diri Juventus Mulai Pulih

Juventus masih tetap bertahan di papan atas klasemen sementara Serie A.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.
Foto: EPA-EFE/MICHELE MARAVIGLIA
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

REPUBLIKA.CO.ID, BERGAMO -- Juventus pulang membawa satu poin seusai melawat ke markas Atalanta pada giornata ketujuh Seri A Liga Italia, Senin (2/10/2023) dini hari WIB. Kedua tim mengakhiri laga di Stadion Atleti Azzurri d'Italia tersebut dengan skor imbang tanpa gol.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mengaku puas dengan raihan poin tersebut. Begitu pula dengan performa yang ditampilkan Federico Chiesa dan kawan-kawan di laga tersebut secara keseluruhan. Namun, eks pelatih AC Milan itu tetap memiliki catatan tersendiri.

Baca Juga

''Kami bermain baik selama 60 menit, mungkin kami bisa lebih baik dalam hal teknik, terutama saat melepaskan operan terakhir. Kami semestinya bisa lebih akurat dalam penguasaan bola pada babak pertama. Secara umum, kami tampil cukup baik, meski kurang meyakinkan saat melakukan serangan,'' ujar Allegri seperti dilansir Football Italia, Senin (2/10/2023).

Pengambilan keputusan yang tepat para penggawa I Bianconeri, terutama saat membangun serangan, menjadi salah satu aspek yang disoroti Allegri di laga tersebut. Pelatih asal Italia itu pun memberi contoh saat gelandang muda Juventus, Nicolo Fagioli, mendapatkan peluang pada babak pertama.

''Kami memiliki sejumlah peluang bagus, termasuk satu peluang yang dimiliki Nicolo Fagioli pada babak pertama. Dalam situasi tersebut, ia seharusnya melepaskan tembakan dibanding mempertahankan penguasaan bola. Kami akan memperbaiki aspek tersebut,'' kata Allegri.

Hasil imbang kontra Atalanta, Allegri melanjutkan, dapat menjadi modal yang bagus buat I Bianconeri dalam menatap laga Derby della Molle kontra Torino, akhir pekan ini. Tidak hanya soal pertaruhan gengsi sebagai tim terbaik di Kota Turin, laga kontra Torino juga menjadi laga terakhir sebelum jeda internasional kedua pada musim ini.

Dengan begitu, kemenangan atas Torino bisa memperbesar peluang buat Juventus untuk tetap bertahan di papan atas klasemen sementara Seri A jelang jeda internasional. Dengan koleksi 14 poin dari tujuh pertandingan, I Bianconeri duduk di peringkat keempat klasemen sementara Seri A.

Pelatih berusia 56 tahun itu pun menyebut, kepercayaan diri anak-anak asuhnya sudah mulai pulih pasca-menelan kekalahan memalukan dari Sassuolo, 2-4, dua pekan lalu. Kekalahan itu direspons Juventus dengan kemenangan tipis, 1-0, atas Lecce di laga berikutnya, akhir pekan lalu.

Kondisi ini dapat menjadi modal tambahan buat Si Nyonya Tua untuk tetap bertahan dalam persaingan di papan atas klasemen sementara Seri A. Dibanding Napoli yang duduk di peringkat ketiga, Juventus hanya kalah jumlah selisih gol. I Bianconeri pun terpaut empat poin dari peringkat kedua dan pemuncak klasemen sementara, AC Milan dan Inter Milan.

''Seperti halnya Torino, kami tidak tampil di kompetisi Eropa. Jadi, kami punya waktu sepekan penuh untuk laga derbi. Kami mesti tampil baik di laga sebelum jeda internasional itu. Kami harus terus bertahan di posisi saat ini. Kekalahan di laga ini (kontra Atalanta) akan membuat kami turun ke peringkat keenam. Kini, kepercayaan diri tim ini mulai pulih,'' ujar Allegri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement