Senin 02 Oct 2023 17:15 WIB

Tak akan Mudah Buat Real Madrid untuk Bisa Datangkan Xabi Alonso

Alonso masih terikat kontrak jangka panjang bersama Bayer Leverkusen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso. Real Madrid mengincar Alonso untuk mengganti Carlo Ancelotti.
Foto: AP Photo/Marius Becker/dpa
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso. Real Madrid mengincar Alonso untuk mengganti Carlo Ancelotti.

REPUBLIKA.CO.ID, LEVERKUSEN -- Nama Xabi Alonso begitu santer disebut sebagai calon suksesor Carlo Ancelotti sebagai pelatih Real Madrid pada awal musim depan. Namun, Los Blancos sepertinya akan menemui jalan terjal terkait kemungkinan mendatangkan pelatih yang kini menangani Bayer Leverkusen tersebut.

Pasalnya, Alonso masih terikat kontrak jangka panjang bersama salah satu kontestan Bundesliga Jerman. Pelatih berusia 41 tahun itu diharapkan bisa terus menangani Die Werkself hingga 2026 mendatang. Alonso diketahui baru meneken perpanjangan kontrak bersama Leverkusen pada Agustus 2023 silam.

Baca Juga

Kala itu, mantan gelandang bertahan Liverpool dan Real Madrid itu menandatangani perpanjangan kontrak dengan durasi selama dua tahun. Direktur Olahraga Bayer Leverkusen, Simon Rolfes, pun cukup yakin dengan komitmen Alonso untuk tetap bertahan bersama Die Werkself.

''Kami sudah memiliki komitmen dengannya beberapa pekan lalu, tepatnya saat ia menandatangani perpanjangan kontrak. Xabi tidak perlu mengatakan apapun. Ia telah memperpanjang kontraknya di sini. Ia sepenuhnya fokus untuk menangani tim ini,'' ujar Rolfes seperti dilansir Mundo Deportivo, Senin (2/10/2023).

Sejak memulai kiprah sebagai pelatih, Alonso terbilang mampu menunjukkan kinerja meyakinkan. Alonso, yang pernah berseragam Real Madrid pada 2009 hingga 2015 itu, mampu mengangkat performa Leverkusen sejak dipercaya membesut Die Werkself pada Oktober 2022 silam.

Di bawah kendali Alonso, Leverkusen, yang sempat terpuruk di papan bawah Bundesliga, mampu Leverkusen bertahan dan bahkan finish di peringkat keenam Bundesliga musim lalu. Pun dengan performa impresif Leverkusen di kompetisi Eropa, tepatnya saat melaju hingga ke babak semifinal Liga Europa.

Sentuhan dingin Alonso, yang mengawali karier sebagai pelatih di akademi Real Madrid dan tim cadangan Real Sociedad itu, berlanjut pada musim ini. Die Werkself tengah memimpin klasemen sementara Bundesliga dengan koleksi 16 poin hasil dari lima kemenangan dan satu hasil imbang di enam laga awal Liga Jerman.

Terakhir, Leverkusen sukses mencukur Mainz 05, 3-0, akhir pekan lalu. Tambahan tiga angka di laga itu membawa Leverkusen unggul satu poin dari Stuttgart, yang bertengger di peringkat kedua klasemen sementara. Leverkusen juga menjauh dari kejaran juara bertahan Bundesliga, Bayern Muenchen, dengan keunggulan dua poin.

Selain Real Madrid, Alonso sebelumnya juga sempat dilaporkan menjadi salah satu kandidat terkuat sebagai pelatih Tottenham Hotspur. Namun, klub asal London Utara itu sepertinya gagal membujuk Alonso.

Pilihan Spurs kemudian jatuh ke Ange Postecoglou. Pelatih berpaspor Australia itu akhirnya menerima pinangan Spurs dan meninggalkan Glasgow Celtic pada Juni 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement