Selasa 03 Oct 2023 21:43 WIB

Dua Petugas VAR Laga Tottenham Vs Liverpool tak Dapat Job Akhir Pekan Ini

Darren England serta Dan Cook membuat kesalahan besar dalam laga Spurs vs The Reds.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Duel Tottenham Hotspur vs Liverpool (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Alberto Pezzali
Duel Tottenham Hotspur vs Liverpool (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dua wasit VAR yang bertanggung jawab pada laga Tottenham Hotspur vs Liverpool akhir pekan lalu, Darren England dan asistennya Dan Cook, sepi job pekan ini. Mereka tak dipilih untuk bertugas pada pertandingan Liga Primer Inggris pada akhir pekan ini.

Keduanya jadi sasaran kritikan setelah membuat kekeliruan besar. Mereka menganulir gol pemain Liverpool Luis Diaz ke gawang Tottenham Hotspur yang dianggap offside. Kesalahan yang mereka lakukan memunculkan gejolak di Liga Primer Inggris terutama reaksi kubu Liverpool sebagai pihak yang dirugikan.

Baca Juga

Wasit pertandingan dalam laga tersebut, Simon Hooper, akan menjadi ofisial VAR dalam pertandingan Everton melawan Everton. Sementara Michael Oliver yang bertugas sebagai wasit keempat akan bertugas dalam dua laga.

Oliver akan menjadi wasit VAR untuk pertandingan Luton melawan Tottenham sebelum bertugas di pertandingan Arsenal melawan Manchester City. Sedangkan Cook dan Darren tak diberikan tugas, dilansir dari BBC, Selasa (3/10/2023).

Badan wasit yang bertanggung jawab atas penugasan dan kinerja wasit sepak bola profesional di Inggris, PGMOL, sudah meminta maaf atas kesalahan England dan Cook. Mereka mengakui anggotanya tersebut membuat kesalahan fatal.

Liverpool yang kalah 2-1 di laga tersebut mengkritik tanggapan dari PGMOL terkait keputusan kontroversial itu. The Reds tak dapat menerima penjelasan dari PGMOL. Menurut Liverpool, integritas olahraga telah dirusak.

Liverpool langsung bergerak cepat atas keputusan kontroversial tersebut. Mereka telah mengajukan permintaan resmi rekaman audio antara ofisial pertandingan. Klub ingin mengetahui bagaimana gangguan komunikasi yang dirasakan oleh mereka sehingga berujung gol the Reds tidak dihitung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement