Rabu 04 Oct 2023 08:32 WIB
...

Sumbangan Medali Panjat Tebing dan Angkat Besi Dongkrak Posisi Indonesia Hingga Pagi Ini

Posisi Indonesia masih di atas negara Asia Tenggara lainnya, kecuali Thailand.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Atlet panjat tebing Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi (kiri) dan Rajiah Sallsabillah menunjukkan medali nomor speed putri Asian Games 2022 di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, Shaoxing, China, Selasa (3/10/2023). Desak berhasil meraih emas usai menang dengan catatan waktu 6,364 detik dan Rajiah Sallsabillah meraih perunggu dengan mencatatkan waktu 6.879 detik . ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Foto:

Berada di peringkat ke-12 dengan 6 emas, 3 perak, dan 13 perunggu atau total raihan medali mencapai 22 medali, Indonesia unggul atas Kazakhstan, yang berada di posisi ke-13 dengan koleksi lima medali emas, 10 medali perak, dan 32 medali perunggu. Namun, Indonesia harus mengakui keungulan Iran, yang memiliki total raihan medali lebih banyak.

Iran berhasil mengumpulkan enam medali emas, 14 medali perak, dan 16 medali perunggu. Total, Iran telah mengoleksi 36 medali. Kendati begitu, Indonesia mulai meninggalkan raihan medali dua negara jiran, Singapura dan Malaysia, yang berada di peringkat ke-14 dan ke-15 secara berurutan.

Dibanding negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia masih tertinggal dari Thailand, yang mampu merangsek ke peringkat ketujuh klasemen sementara raihan medali. Thailand berhasil mengumpulkan total 40 medali dengan raihan 10 medali emas, 11 medali perak, dan 19 medali perunggu.

Negara tuan rumah, Cina, kian nyaman dalam memimpin klasemen sementara raihan medali. Mengumpulkan total 297 medali, Cina mengoleksi 161 medali emas, 90 medali perak, dan 46 medali perunggu. Persaingan sengit masih terjadi dalam perebutan posisi kedua klasemen sementara raihan medali.

Jepang dengan koleksi 33 medali emas, 47 medali perak, dan 50 medali perunggu berhak menempati peringkat kedua. Namun, Jepang hanya unggul tipis dari Korea Selatan, yang duduk di peringkat ketiga. Korea Selatan tercatat sudah mengumpulkan 32 medali emas, 47 medali perak, dan 50 medali perunggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement