Rabu 04 Oct 2023 11:32 WIB

Indonesia Tambah Perak Asian Games dari Timnas Sepak Takraw Putri Nomor Quadrant

Indonesia kalah lewat pertarungan tiga set, 21-18, 18-21, dan 21-14 dari Vietnam.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Tim sepak takraw putri Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.
Foto: AP Photo/Eugene Hoshiko
Tim sepak takraw putri Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Timnas sepak takraw putri Indonesia hanya mampu menyumbang medali perak dari nomor quadrant Asian Games 2022 Hangzhou Cina. Menghadapi Vietnam di final nomor quadrant putri, Indonesia menyerah lewat pertarungan tiga set, 21-18, 18-21, dan 21-14, Rabu (4/10/2023) pagi WIB.

Dalam laga yang digelar di Jinhua Sports Center Gymnasium tersebut, Indonesia langsung mendapatkan perlawanan sengit dari Vietnam pada gim pertama. Dita Pratiwi dan kawan-kawan berusaha untuk meredam serangan Vietnam sembari terus mencuri poin.

Baca Juga

Indonesia akhirnya bisa menutup gim pertama dengan kemenangan tipis, 21-18. Butuh waktu 26 menit buat Indonesia untuk bisa merebut kemenangan di gim pertama.

Vietnam tampil lebih baik dalam mengawali gim kedua. Nguyen Thi My dan kawan-kawan mampu terus unggul pada sepanjang gim pertama. Vietnam sukses merebut poin via serangan yang tajam dan terarah, yang sulit dikembalikan. Pun dengan memaksimalkan raihan poin via kesempatan service.

Kendati begitu, Indonesia bukan tanpa perlawanan. Tim besutan Ramli itu bahkan sempat beberapa kali menyamakan kedudukan. Indonesia mampu mendapatkan tiga poin beruntun lewat rangkaian blocking yang sempurna. Namun, Vietnam akhirnya bisa menutup gim kedua dengan keunggulan, 21-18. Laga pun berlanjut ke gim ketiga.

Kejar mengejar poin antara dua tim terjadi pada awal gim penentuan. Namun, Vietnam mulai menjauh dengan keunggulan tiga poin, 7-4. Kegagalan Vietnam menyelesaikan serangan berbuah poin untuk Indonesia. Dua poin beruntun didapatkan tim Merah Putih dan bisa menyamakan kedudukan, 7-7.

Namun, torehan poin Indonesia seolah terhenti di angka tujuh. Vietnam mampu memanfaatkan momentum dan terus melaju hingga sempat mencatatkan keunggulan, 11-7. Sempat mendapatkan perlawanan dari Indonesia, Vietnam kembali melaju dengan tamabhan tiga poin secara beruntun dan unggul 12-9.

Vetnam terus menjaga keunggulan hingga mampu unggul lima poin. Indonesia, yang berusaha bangkit, tidak kunjung menemukan ritme permainan yang tepat dalam menghalau serangan Vietnam. Pun dengan usaha untuk menembus pertahanan dari Vietnam. Kegagalan service Dita Pratiwi mengantarkan Vietnam mencatatkan match point.

Vietnam akhirnya bisa mengakhiri set ketiga dengan kemenangan, 21-14. Dengan kemenangan ini, Vietnam berhak merebut medali emas sekaligus memperbaiki torehan dibanding edisi terakhir Asian Games, tepatnya di Asian Games 2018 silam. Kala itu, Vietnam hanya berhasil meraih medali perak.

Hal serupa juga ditorehkan timnas sepak takraw putri Indonesia, yang menyabet medali perak di nomor quadrant Asian Games 2022. Di Asian Games 2018, timnas sepak takraw putri Indonesia harus puas dengan raihan medali perunggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement