Jumat 06 Oct 2023 16:41 WIB

Strategi Matang Tim Perahu Naga Indonesia Patahkan Dominasi China

Tim perahu naga putra Indonesia mengalahkan China di final 1.000 m.

Timnas Putra Perahu Naga Indonesia dengan nomor perahu 3 secara dramatis memenangkan perlombaan nomor 1000m di Asian Games 2022, Jumat (6/10/2023). Kemenangan tersebut berbuah medali emas.
Foto: Dok. AG2022 Official
Timnas Putra Perahu Naga Indonesia dengan nomor perahu 3 secara dramatis memenangkan perlombaan nomor 1000m di Asian Games 2022, Jumat (6/10/2023). Kemenangan tersebut berbuah medali emas.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Tim perahu naga Indonesia pada Jumat (6/10/2023) merebut medali emas nomor 1.000 m putra Asian Games Hangzhou berkat kematangan strategi dan kesabaran yang turut membantu mereka mematahkan dominasi tim China. Di arena Wenzhou Dragon Boat Centre, Andri Agus Mulyana dan kawan-kawan dengan cerdik menahan diri sebelum menyerang pada tahap akhir dan menyelesaikan lomba jarak panjang tersebut dengan catatan 4:31,135.

Selepas start hingga melintasi titik 250 m, Indonesia sempat tertinggal di peringkat lima sebelum memperbaiki posisi mereka dengan merangsek ke posisi kedua, membuntuti China yang memimpin separuh jalan.

Baca Juga

Pada 500 m terakhir, Indonesia perlahan tapi pasti mengejar tim tuan rumah yang memimpin lomba sejak start hingga kayuhan-kayuhan terakhir para pedayung Indonesia membawa perahu naga beradu cepat dan melintasi finis 0,047 detik lebih awal dari China.

Tim tuan rumah harus mengakui kekalahan mereka dengan margin sangat tipis untuk berpuas diri medali perak, sedangkan Myanmar berhak atas perunggu di peringkat ketiga.

"Strategi di lomba, kami tidak ingin terpancing saat di awal karena musuh kami China tentu sangat kuat. Mereka berusaha menguji kami, tapi kami tetap tenang," kata Anwar menanggapi pertanyaan Antara setelah perlombaan.

"Kami lakukan sesuai dengan instruksi pelatih, kami eksekusi di finis dan Alhamdulillah kami bisa mengejar China. Ini tentunya berkat kerja sama dari pelatih, pengurus dan teman-teman kami semua."

Anwar juga mengungkapkan tim perahu naga putra mendapat tambahan semangat setelah ditemui langsung oleh Ketua Umum PB PODSI Basuki Hadimuljono pada malam hari sebelum laga final hari ini.

"Itu memberikan dukungan motivasi yang kuat kepada kami," tambahnya.

Sementara itu, tim putri mempersembahkan medali perak dari nomor 1.000 m setelah kalah hampir empat detik dari tim putri China.

Medali emas itu...

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement