Jumat 06 Oct 2023 11:25 WIB

Panen Medali di Perahu Naga Asian Games 2022, Tim Putri Sumbang 3 Perak

Secara total tim putra dan putri perahu naga menyumbang 6 medali termasuk 1 emas.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Tim perahu naga putri Indonesia/ilustrasi.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Tim perahu naga putri Indonesia/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Tim perahu naga Indonesia gagal mengawinkan raihan medali emas di nomor 1000 meter Asian Games 2022 Hangzhou, Cina. Tim perahu naga putri Indonesia harus puas finish di posisi kedua dalam partai final nomor 1000 meter, yang digelar di Wenzhou Dragon Boat Center, Hanzhou, Jumat (5/10/2023) siang WIB.

Sebelumnya, di nomor 1000 meter putra, tim putra berhasil menyabet medali emas usai mencatatkan keunggulan tipis atas tim tuan rumah. Tim putra sebelumnya juga meraih medali perunggu di nomor 200 meter dan torehan medali perak di nomor 500 meter.

Baca Juga

Namun, kesukesan tim putra di nomor 1000 meter gagal diikuti oleh tim putri. Tim perahu naga putri Indonesia harus puas dengan raihan medali perak usai finish di posisi kedua.

Indonesia mencatatkan waktu 4 menit 55,385 detik, tertinggal 3,9 detik dari Cina, yang berhasil finish di posisi terdepan. Peringkat ketiga nomor 1000 meter putri ditempati oleh Korea Selatan dengan torehan waktu empat menit 55,668 detik.

Dengan raihan medali emas di nomor 1000 meter, tim perahu naga putri Cina mampu menyapu bersih medali emas di semua nomor yang dipertandingkan di cabor perahu naga Asian Games 2022. Sedangkan putri Indonesia harus kembali puas meraih medali perak di nomor 1000 meter setelah merebut medali yang sama di dua nomor sebelumnya, nomor 200 meter dan nomor 500 meter.

Di partai final nomor 1000 meter, Cina memang tampil begitu dominan. Tim perahu naga Cina, yang berada di lane tiga, terus memimpin balapan sejak awal lomba. Sedangkan Indonesia, yang berada di lane keempat, tidak bisa berbuat banyak dalam mengejar kecepatan tim perahu naga putri Cina. Dominasi tim perahu naga putri Cina itu pun terus terjaga hingga akhir lomba.

Namun demikian, prestasi tim perahu naga Indonesia di Asian Games kali ini patut diapresiasi. Secara total tim putra dan putri perahu naga menyumbang 6 medali untuk Indonesia dengan rincian 1 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement