Ahad 08 Oct 2023 20:17 WIB

Jaga Fokus Timnya, Arteta Tegaskan Duel di Liga Primer Berbeda dengan Community Shield

Arteta enggan terjebak oleh kemenangan masa lalu.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta bereaksi jelang duel berkelas di depan mata. Timnya akan menghadapi Manchester City pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris musim 2023/24.

The Gunners bertindak sebagai tuan rumah. Jadi partai ini dimainkan di Stadion Emirates, London, Ahad (8/10/2023) malam WIB. Martin Odegaard dan rekan-rekan mengalahkan City pada Community Shield 2023. 

Baca Juga

Kedua tim bermain imbang 1-1 selama waktu normal. Arsenal unggul di sesi adu penalti. Jelas, Arteta bersyukur akan fakta tersebut.

Setelah sekian lama, mereka akhirnya berjaya atas the Citizens. Sebelum Community Shield edisi terkini, the Gunners selalu tumbang di tangan sang rival dalam delapan pertandingan beruntun, di berbagai ajang.

Khusus di Liga Primer lebih parah lagi. Arsenal tumbang di 12 pertemuan terakhir kontra the Sky Blues. Itulah mengapa Arteta enggan jemawa meski berpesta jelang musim baru dimulai.

"Jadi saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang berbeda," kata juru taktik berkebangsaan Spanyol itu, dikutip dari laman resmi klubnya.

Arteta belum pasti menurunkan Bukayo Saka. Saka mengalami cedera saat memperkuat pasukan London Utara menghadapi RC Lens di pentas Liga Champions. Saat itu the Gunners takluk 1-2.

Untungnya, masih ada kabar baik yang terdengar. Kebugaran Thomas Partey terus menunjukkan perkembangan positif. Gelandang asal Ghana itu berpotensi diturunkan di partai ini.

Arsenal mendapat pelajaran berharga di markas Lens. Kini lepaskan ketegangan di Eropa. Arteta berharap banyak pada dukungan penggemar mereka di seantero Emirates Stadium.

"Kami sudah merasakan atmosfer terbaik di Emirates, dan jika kami bisa menciptakannya lagi, maka itu akan sangat membantu tim. Kami memiliki momen di mana kami mengelolanya dengan sangat baik. Melawan PSV adalah contoh yang sangat bagus dan di beberapa bagian melawan Spurs, tapi itu tergantung pada kami," ujar Arteta. 

Arsenal berada di posisi ketiga klasemen sementara. The Gunners satu dari dua tim yang belum terkalahkan di Liga Primer musim ini. Declan Rice dkk meraih lima kemenangan dari tujuh laga.

Dua duel lainnya berkesudahan imbang. City menempati kursi runner up. The Citizens mengantongi 18 poin, unggul sebiji angka atas tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement