Senin 09 Oct 2023 19:58 WIB

Cedera Pemain Paksa Spalletti Lakukan Perubahan di Skuad Italia

Spalletti tidak mau menunggu waktu lama untuk mencari pemain pengganti.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti, terpaksa mengubah susunan pemain di skuad Gli Azzurri dalam di dua laga lanjutan penyisihan Grup C Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024. Eks pelatih AS Roma itu mencoret Ivan Provedel dan Mattia Zaccagni dari skuad Gli Azzurri.

Dua penggawa Lazio itu diketahui mengalami cedera. Provedel, yang berposisi sebagai penjaga gawang, dilaporkan mengalami cedera pinggul. Sementara Zaccagni, yang kerap dipercaya turun sebagai winger, dilaporkan mengalami cedera engkel kiri. Dua pemain itu dilaporkan mengalami cedera saat mengantarkan Lazio membungkam Atalanta, 3-2, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Spalletti pun tidak mau menunggu waktu lama untuk mencari pemain pengganti, khususnya buat Zaccagni. Memilih untuk tidak mencari pengganti Provedel, Spalletti dilaporkan akan menunjuk Ricardo Orsolini sebagai pengganti Zaccagni. Memanggil gelandang serang Bologna itu menjadi perubahan teranyar yang dilakukan Spalletti di skuad Gli Azzurri.

''Spalletti sebenarnya sudah menyusun skuad Gli Azzurri, tapi terpaksa mengubahnya akibat perkembangan terakhir. Orsolini telah ditambahkan ke skuad Gli Azzurri. Orsolini memiliki kemampuan ditempatkan di kedua sisi penyerangan dan gelandang bertahan dalam pola tiga penyerang,'' tulis laporan Football Italia, Senin (9/10/2023).

Pada musim ini, Orsolini memang terbilang telah menunjukkan performa menyakinkan. Eks pemain Juventus itu sukses mencetak empat gol di dua laga terakhir di arena Liga Italia. Setelah mencetak hattrick ke gawang Empoli, Orsolini menyumbang satu gol kala Bologna menahan imbang Inter Milan, 2-2, akhir pekan lalu.

Gelandang serang berusia 26 tahun itu baru mencatatkan tiga caps bersama timnas Italia. Orsolini melakoni debut bersama Gli Azzurri pada November 2019. Kendati baru tampil di tiga pertandingan, Orsolini sudah menyumbang dua gol dan dua assist buat La Nazionale.

Pada edisi kedua jeda internasional musim ini, Italia rencananya akan melakoni dua laga lanjutan lanjutan penyisihan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024. Setelah menjamu Malta Stadion San Nicola, Bari, dalam Ahad (15/10/2023) dini hari WIB, kampiun Piala Eropa 2020 itu akan terbang ke Stadion Wembley dan menghadapi tuan rumah, Inggris, Rabu (18/10/2023) dini hari WIB.

Dengan koleksi tujuh poin dari empat pertandingan, Italia duduk di peringkat kedua klasemen sementara Grup C. La Nazionale tertinggal enam poin dari Inggris yang menempati posisi teratas klasemen Grup C dengan koleksi 13 poin dari lima partai. Dua posisi teratas di klasemen akhir penyisihan grup berhak melangkah ke putaran final Piala Eropa 2024 yang akan digelar di Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement