Selasa 10 Oct 2023 10:00 WIB

Ronald Koeman Berharap Belanda yang Diganggu Cedera Bisa Tumbangkan Prancis

Belanda akan menjamu Prancis di Amsterdam Arena, Sabtu dini hari WIB.

Pelatih Belanda Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Pelatih Belanda Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih Belanda, Ronald Koeman, berharap timnya dapat meraih kemenangan atas Prancis di kualifikasi Eropa 2024 di Amsterdam Arena pada Jumat (13/10/2023) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB. Belanda saat ini dalam kondisi tak ideal karena dihantam cedera.

"Saya melihat hasil-hasil yang gila setiap minggu," katanya pada konferensi pers pada Senin (9/10/2023).

Baca Juga

"Kami berharap untuk memiliki rencana seperti itu pada hari Jumat sehingga kami dapat menyulitkan Prancis dan juga mendapatkan hasil. Tentu saja, kami menyadari bahwa kami tidak memiliki tim terkuat. Tapi itu tidak berarti apa-apa dalam sepak bola, saya melihat pertandingan dan hasil setiap minggu di mana Anda berpikir: bagaimana itu bisa terjadi?"

Belanda telah kehilangan gelandang berpengaruh Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, serta penyerang Cody Gakpo dan Memphis Depay sebelum mengumumkan skuatnya pada Jumat lalu. Sejak saat itu, kiper Mark Flekken, Steven Berghuis, dan Teun Koopmeiners juga harus menepi karena cedera.

"Apa alasan dari semua penarikan itu? Itu murni berkaitan dengan kalender. Kadang-kadang itu adalah cedera sepak bola yang nyata, tetapi saya juga melihat banyak cedera otot. Prancis juga tiba-tiba memiliki tiga pemain yang keluar," kata Koeman.

"Tapi tampaknya tidak ada yang bisa dilakukan tentang kalender, yang sangat penuh. Saya mencoba mendiskusikannya setiap tahun di UEFA, tetapi tampaknya semakin gila. Lihat saja Piala Dunia 2030, dengan pertandingan di tiga benua," tambahnya merujuk pada turnamen yang akan diselenggarakan di Amerika Selatan, Afrika, dan Eropa.

Dengan mundurnya Flekken, pelatih asal Belanda ini yakin Bart Verbruggen dari Brighton & Hove Albion merupakan penjaga gawang masa depan.

"Selama Bart tidak memainkan bola-bola pendek di kotak penalti sendiri," kata Koeman, bercanda tentang kesalahan yang dilakukan Verbruggen saat melawan Liverpool akhir pekan lalu. "Saya sudah berbicara dengannya tentang hal itu."

Prancis memimpin klasemen Grup B dengan rekor 100 persen dengan nilai 15 dari lima laga. Belanda di posisi kedua dengan nilai sembilan dari empat pertandingan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement