Selasa 10 Oct 2023 19:45 WIB

Mumpung di Indonesia, Para Pembalap 'Curi' Waktu Berlibur di Tengah Jadwal Padat MotoGP

Lokasi GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, membuka kesempatan buat liburan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Prancis, Fabio Quartararo, dari tim Monster Energy Yamaha.
Foto: EPA-EFE/RAJAT GUPTA
Pembalap MotoGP asal Prancis, Fabio Quartararo, dari tim Monster Energy Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rentang waktu dua pekan seringkali menjadi pilihan Dorna Sports selaku penyelenggara utama MotoGP dalam memberikan jeda waktu antara satu seri balapan ke seri berikutnya. Momen jeda antara seri balapan ini biasanya sering digunakan sebagian besar pembalap untuk kembali ke negara asal masing-masing.

Berbagai persiapan pun dilakukan para pembalap tersebut untuk menatap seri selanjutnya, baik untuk mematangkan teknik balapan ataupun memulihkan kondisi fisik di negara asalnya masing-masing. Namun, opsi berbeda diambil sejumlah pembalap jelang GP Indonesia, yang digelar pada Jumat (13/10/2023) hingga Ahad (15/10/2023) akhir pekan ini.

Baca Juga

Para pembalap bisa dibilang ''mencuri'' waktu untuk bisa sejenak berlibur sebelum turun di seri ke-15 gelaran MotoGP musim ini. Lokasi GP Indonesia, yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), memang membuka kemungkinan tersebut. Lombok terletak cukup dekat dengan destinasi wisata populer mancanegara, Bali, ataupun destinasi wisata prioritas, Labuan Bajo.

Alhasil, sejumlah pembalap menyempatkan diri untuk pelesir di Bali sebelum terbang ke Lombok. Bahkan, para pembalap tersebut kedapatan sudah berada di Indonesia satu pekan sebelum gelaran GP Indonesia dihelat. Salah satunya adalah pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo.

Juara kelas utama MotoGP musim 2021 itu kedapatan sudah berada di Bali pada akhir pekan lalu. Lewat sejumlah unggahan di akun media sosial, Quartararo terlihat tengah menikmati masa liburan di Bali.

Setelah tampil di GP Jepang, 1 Oktober 2023, Quartararo langsung terbang ke Bali. Di sebuah unggahan di akun Instagramnya, Quartarao terlihat tengah bersantai di sofa sembari tersenyum. Pembalap asal Prancis itu sudah berada di Bali pada tengah pekan lalu.

Selain Quartararo, pembalap RNF Aprilia, Raul Fernandez, juga kedapatan tengah berlibur di Bali sebelum tampil di GP Indonesia. Fernandez sudah berada di Bali pada tengah pekan lalu dan melakukan berbagai kegiatan liburan, mulai dari menyelam hingga bersantai di pantai.

''Terima kasih Bali. Sesuatu yang indah pada pekan ini di Indonesia,'' tulis Fernandez di salah satu unggahan di akun media sosialnya.

Pembalap tim Prima Pramac Racing, Jorge Martin, juga diketahui tiba lebih awal di Indonesia, tepatnya pada Sabtu (7/10/2023) akhir pekan lalu.

''Mendarat,'' tulis Martin dalam unggahan foto yang menampilkan dirinya tengah memegang koper usai menginjakkan kaki di Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid.

Para pembalap memang tidak punya waktu lagi untuk sejenak melepaskan diri dari penatnya kompetisi di arena MotoGP. Hanya berselang sepekan setelah GP Indonesia, gelaran MotoGP akan dihelat di GP Australia, kemudian berlanjut ke GP Thailand pada pekan berikutnya. Termasuk GP Indonesia, MotoGP musim ini diketahui tinggal menyisakan lima seri lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement