Kamis 12 Oct 2023 17:18 WIB

Resmi Jadi Pembalap Ducati Musim Depan, Marc Marquez: Saya Harus Keluar dari Zona Nyaman

Marc Marquez gabung bersama adiknya, Alex, mengisi line-up tim Gresini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez. Marquez akan pindah ke tim Gresini Racing pada 2024.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Pembalap MotoGP asal Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez. Marquez akan pindah ke tim Gresini Racing pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumor kepindahan Marc Marquez ke tim Gresini Racing akhirnya terjawab. Pengoleksi enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP itu telah dipastikan bakal memperkuat tim satelit pabrikan asal Italia, Ducati, tersebut pada gelaran MotoGP musim depan.

Pengumumam resmi perekrutan Marquez ini diunggah tim Gresini Racing di akun media sosialnya. ''Sudah resmi: @marcmarquez93 bergabung dengan tim Gresini di MotoGP,'' tulis salah satu unggahan tim Gresini Racing lengkap dengan foto Marc Marquez, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga

Unggahan tim Gresini Racing di platform media sosial, X, tersebut itu pun dikomentari oleh akun resmi tim balap Ducati Corse. ''Selamat datang @marcmarquez93! #ForzaDucati,'' tulis akun resmi Ducati Corse di balasan komentar tersebut.

Pengumuman resmi ini berselang kurang lebih sepekan setelah Marquez memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan tim Repsol Honda pada musim ini, meski masih terikat kontrak hingga 2024 mendatang. Dengan begitu, musim ini menjadi musim terakhir Marquez bersama pabrikan asal Jepang, Honda, tersebut.

Marquez mengawali karier di kelas utama MotoGP bersama tim Repsol Honda, tepatnya saat direkrut dari tim CatalunyaCaixa Repsol pada 2013 silam. Kiprah apik bersama tim CatalunyaCaixa Repsol, termasuk saat menjuarai kelas Moto2 pada 2012, menjadi alasan terbesar Repsol Honda merekrut Marquez.

Bersama Repsol Honda, Marquez merajut kesuksesan di pentas MotoGP. Marquez berhasil meraih enam gelar juara dunia kelas utama bersama tim Repsol Honda.

Namun, seiring dengan penurunan performa akibat sering terjatuh ditambah kendala teknis yang kerap menimpa motor Honda RC213V, Marquez mulai mempertimbangkan mengakhiri kerja sama dengan Honda.

Keputusan untuk meninggalkan Honda akhirnya diambil Marquez pada musim ini. Pembalap asal Spanyol itu masih memiliki enam seri sisa MotoGP musim ini sebagai pembalap Repsol Honda, sebelum bergabung bersama Gresini Racing pada musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement