Jumat 13 Oct 2023 08:05 WIB

Tiga Kali Hantam Tiang, Argentina Atasi Paraguay 1-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dua sepakan Messi yang masuk pada babak kedua hanya mengenai tiang gawang Paraguay

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain Argentina merayakan gol Nicolas Otamendi ke gawang Paraguay dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026.
Foto: EPA-EFE/JUAN IGNACIO RONCORONI
Para pemain Argentina merayakan gol Nicolas Otamendi ke gawang Paraguay dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA -- Juara bertahan Argentina hanya bisa mengalahkan Paraguay dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol. Dalam pertandingan yang berlangsung Jumat (13/10/2023) di Stadion El Monumental, Buenos Aires, kemenangan tuan rumah ditentukan gol Nicolas Otamendi pada menit ketiga.

Sepanjang laga, percobaan Argentina tiga kali hanya mengenai tiang. Dua di antaranya berasal dari tendangan sudut dan tendangan bebas Lionel Messi yang masuk pada babak kedua.

Baca Juga

Hasil ini menempatkan Argentina sementara di puncak klasemen zona Conmebol dengan nilai sembilan dari tiga laga.

Jalannya pertandingan

Tampil di kandang sendiri dan mendapat dukung langsung fans mereka, Argentina yang tidak memainkan Lionel Messi pada babak pertama tetap perkasa. Laga baru berjalan tiga menit, kapten tim Nicolas Otamendi sudah menjebol gawang Paraguay yang dikawal Carlos Coronel.

Gol cantik Otamendi, memanfaatkan tendangan pojok yang dilepaskan De Paul. Otamendi menyambut tendangan sudut tersebut dengan tendangan voli yang tak mampu diselamatkan Coronel. Argentina pun unggul 1-0.

Gelombang serangan Argentina terus terjadi sepanjang 45 menit babak pertama. Menit ke-30 tendangan Lautaro Martinez dari dalam kotak penalti masih mengenai pemain Paraguay, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit ke- 38 Argentina kembali mengancam. Sundulan Nicolas Gonzales masih bisa diselamatkan kiper Paraguay, hanya hasilkan tendangan pojok  kembali. Satu menit kemudian Coronel kembali menggagalkan usaha Argentina dengan baik dengan memotong umpang Martinez.

Bukan hanya kiper Paraguay yang menyelamatkan usaha penambahan gol Argentina. Tiang gawang pun ikut berperan. Menit 42 tendangan Rodrigo de Paul dari luar kotak penalti hanya mengenai tiang gawang sebelah kiri Paraguay. Dua menit kemudian  tendangan mendatar Gonzales  ke tiang jauh masih sedikit melebar. Hingga turun minum Argentina tetap unggul 1-0.

Messi yang diragukan tampil akhirnya dimainkan juga. Pelatih Argentina Lionel Scaloni menurunkan pemain terbaik dunia tersebut pada menit ke-53.

Kehadiran Messi yang masuk menggantikan Julian Alvarez memang memberikan dampak dalam serangan Tim Tango yang semakin variatif. Namun dari sejumlah peluang yang di dapat di babak kedua tak ada yang menjadi gol

Messi mendapat peluang pertamanya pada menit 74. Setelah tendangannya diblok pemain Paraguay, Messi kembali mengancam kali ini melalui tendangan pojok yang langsung diarahkan ke gawang. Bola tendangannya masih mengenai sudut gawang kanan Paraguay.

Saat injury time tepatnya menit 92, Messi meliuk-liuk di pertahanan Paraguay dan dijatuhkan. Messi kemudian yang melepaskan tendangan bebas dari jarak 19,9 meter. Tendangan kaki kirinya sudah berhasil Melawati pagar hidup pemain Paraguay, tapi masih mengenai tiang bagian bawah Paraguay. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, tak ada lagi tambahan gol untuk tuan rumah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement