Jumat 13 Oct 2023 08:55 WIB

Meski Kalah dari Spanyol, Pelatih Skotlandia Tetap Optimistis Tembus Euro 2024

Skotlandia lolos ke Euro 2024 jika Nowegia gagal mengalahkan Spanyol, Senin.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Skotlandia Steve Clarke
Foto: EPA-EFE/Robert Perry
Pelatih kepala Skotlandia Steve Clarke

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Meski menelan kekalahan, pelatih tim nasional Skotlandia Steve Clarke memuji kinerja anak asuhnya saat bentrok melawan Spanyol pada laga keenam Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Estadio de la Cartuja, Sevilla, Jumat (13/10/2023) dini hari WIB.

"Kami ingin menunjukkan bahwa kami adalah tim yang bagus dan kami melakukan itu. Tetapi kurang beruntung," kata Steve Clarke, dilansir BBC Sports.

Baca Juga

The Tartan Army, julukan Skotlandia sejatinya lebih dulu mencetak gol lewat Scott McTominay pada menit ke-60 dari sepakan tendangan bebas yang indah. Sayang, golnya dianulir oleh VAR.

Tuan rumah akhirnya bernafas lega. Spanyol mampu mencetak gol pembuka melalui Alvaro Morat pada menit ke-73. Oihan Sancet menggandakan kedudukan pada menit ke-86 yang membuat skor berkesudahan 2-0 untuk tuan rumah.

Berbicara tentang gol yang dianulir oleh wasit asal Belanda. Steve Clarke menjelaskan, tembakan McTominay tidak mungkin diantisipasi oleh kiper Spanyol. Di samping posisi Jack Hendry yang berada di posisi offside.

Kekalahan ini menjadi yang pertama untuk Skotlandia. McTominay dan kawan-kawan masih memimpin klasemen dengan perolehan angka 15 diikuti Spanyol di kursi kedua dengan koleksi nilai 12.

Steve Clarke percaya anak asuhnya memiliki peluang untuk terbang ke Jerman mengikuti putaran final Kejuaraan Eropa 2024. Bahkan, kepastian Skotlandia bisa ditentukan pada awal pekan depan saat Norwegia menjamu Spanyol.

"Kalau Norwegia tak bisa menang, maka kami lolos. Namun, kami tidak lolos karena hal tersebut, kami lolos karena kerja keras yang telah kami lakukan untuk meraih 15 poin. Jika Norwegia menang, kami akan memasuki bulan November dengan peluang yang realistis untuk memuncaki grup," kata Clarke.

Selanjutnya, Skotlandia akan berjumpa dengan Georgia dan Norwegia pada pertandingan Kualifikasi Euro pada November nanti.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement