Jumat 13 Oct 2023 16:29 WIB

Southgate Peringatkan Para Pemainnya Jangan Remehkan Australia, Ini Alasannya

Australia mengalahkan Inggris saat terakhir kali bertemu pada 2003 di Upton Park.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: AP/Frank Augstein
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate telah memperingatkan para bintang Inggris untuk mewaspadai Australia. Ia tak ingin skuad asuhannya tergelincir di Wembley.

Juru taktik the Three Lions itu memiliki kenangan buruk ketika rekan setimnya di Middlesbrough, Mark Schwarzer, muncul dengan sebuah kangguru tiup setelah timnas Australia mengalahkan Inggris saat terakhir kali bertemu pada tahun 2003 di Upton Park.

Baca Juga

Kini tim asuhan Southgate akan berusaha keras untuk mengalahkan Australia, Jumat (13/10/2023) malam ini, saat ia memohon agar para pemain cadangan turut mengambil kesempatan.

Meskipun persaingan antara kedua negara lebih besar di cabang olahraga kriket dan rugby, kekhawatiran Southgate yang lain adalah menghindari terulangnya kejadian di tahun 2003 ketika Schwarzer dkk meraih kemenangan 3-1 saat kembali ke Timur Laut.

"Kami telah berbicara dengan para pemain tentang persaingan olahraga Inggris-Australia dan kami tahu apa artinya. Saya bermain dengan banyak pemain Australia dan ketika mereka mengalahkan kami di Upton Park, mereka cukup cepat kembali ke Middlesbrough. Schwarzer memiliki kanguru yang diledakkan di bawah lengannya dan dia membuat jerami dengan itu semua. Ada banyak persaingan yang terjadi," ujar Southgate dikutip dari Daily Star, Jumat (13/10/2023).

Southgate akan memberikan kesempatan kepada beberapa pemain yang mungkin tidak akan tampil di kualifikasi Euro 2024 hari Selasa depan melawan Italia untuk menunjukkan bahwa mereka layak untuk mendapatkan tempat di skuadnya di musim panas mendatang.

"Kami memiliki enam pertandingan sebelum kami menentukan skuad yang akan berlaga di Piala Eropa. Jadi, jika ada yang ingin mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam skuad, atau tim, kami harus memainkannya," jelas Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement