Ahad 15 Oct 2023 05:53 WIB

Sheikh Jassim Dilaporkan Tarik Tawaran Akuisisi MU

Sheikh Jassim dilaporkan kecewa dengan sikap Keluarga Glazers.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dilaporkan menarik penawarannya mengakuisisi Manchester United.
Foto: Tangkapan layar CNBC
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dilaporkan menarik penawarannya mengakuisisi Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dari Qatar menarik tawarannya untuk membeli Manchester United (MU), kata seseorang yang mengetahui proses tersebut kepada Associated Press, Sabtu (14/10/2023). Orang tersebut berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya karena adanya pembatasan kerahasiaan di sekitar proses tersebut.

Sheikh Jassim telah menjadi salah satu pesaing utama untuk menyelesaikan pengambilalihan klub Liga Premier, yang siap dijual tahun lalu. Bersama dengan miliarder Inggris Jim Ratcliffe, bankir Qatar ini adalah salah satu dari dua penawar yang secara terbuka menyatakan niat mereka untuk membeli pemilik United, keluarga Glazer.

Baca Juga

Namun hampir setahun sejak penawaran diundang untuk juara liga Inggris 20 kali itu, Sheikh Jassim telah memberi tahu keluarga Glazer bahwa dia menarik tawarannya, kata orang tersebut. Orang tersebut mengatakan tawaran terakhir Sheikh Jassim hampir dua kali lipat dari nilai pasar United saat ini, yaitu 3,2 miliar dolar AS.

Tawaran Ratcliffe tetap ada, meskipun telah dilaporkan bahwa dia siap untuk menerima saham minoritas. Associated Press telah menghubungi pihak United dan bank dagang Raine, yang menangani proses penjualan, untuk mendapatkan komentar.

Keputusan Sheikh Jassim muncul ketika para penggemar MU semakin frustrasi dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penjualan yang diusulkan.

Ada beberapa protes penggemar di luar stadion Old Trafford, mendesak pemiliknya yang berasal dari Amerika Serikat untuk menjual, sementara nyanyian "Glazers out" sering terdengar selama pertandingan.

"MUFC sangat membutuhkan investasi baru dan kepemilikan mayoritas baru. Kami berharap berita ini mempercepat proses tersebut dan bukannya menundanya," kata Manchester United Supporters Trust dalam sebuah posting di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. "Berdasarkan 11 bulan terakhir, tidak ada yang bisa memastikannya. Keluarga Glazer perlu memperjelas posisi mereka."

Keluarga Glazer mengumumkan pada November rencana untuk mencari investasi baru, menginstruksikan Raine untuk mengawasi prosesnya, termasuk potensi penjualan penuh. Raine telah melakukan penjualan Chelsea kepada Todd Boehly dan Clearlake Capital tahun lalu.

Sheikh Jassim, ketua Qatar Islamic Bank dan putra mantan perdana menteri Qatar, mengajukan penawaran untuk mengambil 100 persen kepemilikan United, yang menarik bagi para penggemar yang sangat ingin mengucapkan selamat tinggal kepada Glazers.

Dia juga bersumpah untuk menghapus utangnya, sambil berinvestasi di stadion, pusat pelatihan, dan tim bermain dalam upaya untuk "mengembalikan klub ke masa kejayaannya, baik di dalam maupun di luar lapangan."

 

Para penggemar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement