Selasa 17 Oct 2023 06:40 WIB

Virgil van Dijk Cetak Gol Krusial di Masa Injury Time Lawan Yunani

Harapan Belanda lolos putaran final Euro 2024 masih tetap terbuka.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bek sekaligus kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk.
Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Bek sekaligus kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Virgil van Dijk mencetak gol penalti krusial pada masa tambahan waktu untuk memberi Belanda kemenangan penting 1-0 di Yunani demi menjaga harapan lolos Euro 2024 tetap hidup. Menyusul kekalahan pekan lalu di Amsterdam oleh pemuncak klasemen Grup B Prancis yang memastikan tempat di putaran final, Belanda membutuhkan hasil positif dalam perebutan posisi runner-up.

Setelah penalti Wout Weghorst di babak pertama berhasil digagalkan, Yunani tampaknya sudah berbuat cukup banyak untuk mempertahankan diri di peringkat kedua klasemen. Namun, di masa tambahan waktu, kapten Belanda Van Dijk mengonversi penalti setelah pelanggaran terhadap Denzel Dumfries diikuti dengan tinjauan VAR yang panjang.  

Baca Juga

Pelatih Yunani Guy Poyet mendapat kartu merah karena protesnya menjelang akhir pertandingan. Kemenangan ini membawa Belanda naik ke posisi kedua dalam klasemen dan memiliki satu pertandingan tersisa atas Yunani yang menyelesaikan kampanye grup di kandang melawan Prancis pada bulan November 2023.

Sementara pertandingan grup terakhir Irlandia akan melawan Belanda pada 19 November 2023 di Amsterdam. Belanda juga akan menghadapi tuan rumah Gibraltar bulan depan.

Di Grup F, Austria mengamankan tempatdi Euro 2024 dengan kemenangan tandang 1-0 atas Azerbaijan berkat penalti babak kedua dari Marcel Sabitzer. Austria kehilangan Guido Burgstaller yang diusir keluar lapangan pada menit-menit akhir.

Pertandingan Belgia melawan Swedia juga dihentikan pada babak pertama setelah dua orang ditembak mati di Brussel. Skor saat itu 1-1. Viktor Gyokeres memberi Swedia keunggulan pada menit ke-15, tetapi Romelu Lukaku membawa Belgia menyamakan kedudukan tepat setelah setengah jam pertandingan.

Pemimpin Grup J Portugal meraih kemenangan tandang 5-0 atas Bosnia-Herzegovina di Zenica. Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dalam 20 menit pertama.

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes menambahkan gol ketiga, dengan Joao Cancelo dan Joao Felix juga mencetak gol sebelum turun minum. Slovakia menjaga diri dalam posisi kuat untuk mengamankan posisi runner-up dengan kemenangan 1-0 di Luksemburg berkat gol David Duris saat waktu tersisa 13 menit.

Islandia mengalahkan Liechtenstein 4-0 di Reykjavik. Gylfi Sigurdsson mencetak dua gol.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement