Selasa 17 Oct 2023 21:11 WIB

Kualifikasi Piala Dunia: Timnas Indonesia Kembali Bantai Brunei Darussalam 6-0

Dengan ini, Indonesia mengemas kemenangan agregat 12-0 atas Brunei.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Selebrasi timnas Indonesia saat mencetak gol ke gawang tuan rumah Brunei Darussalam di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (17/10/7023).
Foto: Dok. PSSI
Selebrasi timnas Indonesia saat mencetak gol ke gawang tuan rumah Brunei Darussalam di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (17/10/7023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR SERI BEGAWAN -- Indonesia mencukur Brunei Darussalam 6-0 dalam pertandingan leg kedua putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023) malam WIB. Kemenangan ini membuat tim Garuda lolos ke putaran kedua dengan agregat 12-0 atau satu lusin gol.

Indonesia yang bermain dengan perubahan besar pada susunan pemain langsung tancap gas sejak menit awal. Mereka menekan dengan tekanan tinggi ke pertahanan Brunei. Alhasil, Indonesia sukses unggul cepat pada menit keenam melalui Hokky.

Baca Juga

Pemain asal Gunung Kidul itu dengan mudah menjebloskan bola ke gawang menyambut umpan datar Sandy Walsh ke tiang dekat. Indonesia terus menggempur pertahanan Brunei yang bermain lebih bertaham.

Pada menit ke-17, Indonesia nyaris menggandakan keunggulan ketika kapten tim Fachruddin menyambut umpan silang dari sisi kanan pertahanan Brunei. Namun pemain Madura United ini gagal memanfaatkan peluang itu menjadi gol kareja sundulannya melebar.

Tuan rumah hanya mengandalkan serangan balik dan percobaan tembakan jarak jauh. Pada menit ke-23, tembakan keras Hendra Azam mengancam gawang Ernando namun bola tipis di atas mistar.

Dua menit berselang peluang emas didapatkan Dendy ketika dia berdiri bebas di tiang dekat. Namun sodorannya ketika mendapatkan umpan Witan berhasil ditangkap kiper.

Egy menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Kiper Brunei gagal memblok secara sempurna tembakan Egy. Satu menit berselang, gol kedua Hokky membawa Indonesia unggul 3-0 pada babak pertama.

Babak kedua baru berjalan menit, Indonesia kembali mencetak gol melalui titik putih. Witan Sulaiman yang mengambil eksekusi sukses melaksanakan tugasnya. Tembakannya tak bisa diantisipasi oleu kiper Brunei.

Unggul 4-0 tak membuat Indonesia mengendorkan tekanan. Mereka juastru terus meningkatkan tekanan. Pada menit ke-63 tembakan Rizky Ridho membobol gawang Brunei untuk membawa Indonesia unggul 5-0.

Masuknya Pratama Arhan, Asnawi, Ramadhan Sananta, Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri meningkat daya serang Indonesia. Dan pada menit ke-82, Sananta mencetak gol cantik dengan gol chipnya untuk membawa Indonesia unggul 6-0. Skor tersebut bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia akan bergabung dengan grup F yang berisi Irak, Vietnam dan Filipina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement