Selasa 17 Oct 2023 06:59 WIB

Mengintip Lawan Timnas Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026: Vietnam

Bersama pelatih Philippe Troussier, Vietnam semakin kuat.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Vietnam Philippe Troussier. Vietnam akan jadi lawan Indonesia di Grup F kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026
Foto: Vnexpress.net
Pelatih Vietnam Philippe Troussier. Vietnam akan jadi lawan Indonesia di Grup F kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiket melaju ke babak kedua fase grup Kualifilasi Piala Dunia 2026 zona Asia berada di depan mata. Tim nasional Indonesia setidaknya harus menyelesaikan satu leg tandang melawan Brunei Darussalam terlebih dahulu.

Pada leg pertama Garuda Merah Putih sukses mencukur Brunei dengan skor telak enam gol tanpa balas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK). Alhasil, Indonesia difavoritkan melaju ke fase Grup F.

Baca Juga

Jika resmi terbang ke Grup F maka Dimas Drajad dan kawan-kawan bakal bersua timnas Irak, Vietnam, dan Filipina. Dari negara yang tergabung di pot 1 dan 2, Indonesia terhindar lawan sulit semacam Jepang, Australia, dan Uzbekistan.

Irak diklaim merupakan negara terlemah di pot 1 mengacu pada rangking klasemen FIFA (69). Adapun, Vietnam dari pot 3 merupakan lawan reguler Indonesia di turnamen Piala AFF dan terakhir bertemu di semifinal 2022.

Sedangkan Filipina bisa dikatakan tim yang memilili kekuatan dan rangking FIFA yang tak jauh berbeda dengan Indonesia. Filipina tak pernah lolos dari Piala AFF dua edisi terakhir sementara Indonesia mampu mencapai semifinal serta final.

Setelah mengukur kekuatan timnas Irak sebelumnya. Kini lawan yang patut diperhitungkan oleh pelatih Shin Tae-yong adalah Vietnam. Sebab, the Golden Warriors kerap jadi batu sandungan Sang Garuda.

Tidak bisa dimungkiri Vietnam kerap jadi momok menakutkan pun pemberi mimpi buruk bagi masyarakat pecinta kulit bundar Indonesia.

Fakta menariknya di bawah besutan Park Hang-seo, Vietnam sempat terbang serta bersaing hingga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. The Golden Warriors jadi satu-satunya negara ASEAN yang mampu mejeng ke babak tersebut.

Berbekal pengalaman yang dimiliki sang lawan. Tentu jelas Indonesia harus bersiap penuh mengarungi pertandingan berat melawan Vietnam meski kini mereka sudah dilatih oleh Philippe Troussier.

Vietnam sendiri langsung bermain di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pelatih asal Prancis, Troussier diprediksi bakal memanggil pemain langganan seperti Nguen Quang Hai, Que Ngoc Hai, dan juga Dang Van Lam.

Sejauh ini Troussier telah membawa timnas utama Vietnam bermain lima kali pada FIFA matchday Juni 2023 dengan mengantongi tiga kemenangan atas Hong Kong, Suriah, dan Palestina.

The Golden Warriors menelan dua kekalahan atas China 0-2 serta Uzbekistan 0-2. Pada partai selanjutnya mereka akan berhadapan melawan Korsel di ajang uji coba.

Sementara di matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Vietnam bersua Filipina pada 16 November mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement