Selasa 17 Oct 2023 23:25 WIB

Lionel Messi di Ambang Raihan Ballon d'Or Ke-8

Messi sedang dalam periode buruk, tapi trofi Piala Dunia cukup jadi modal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reaksi Lionel Messi setelah memenangkan trofi Ballon d'Or.
Foto: AP/Christophe Ena
Reaksi Lionel Messi setelah memenangkan trofi Ballon d'Or.

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Pesepak bola bintang Inter Miami dan timnas Argentina, Lionel Messi, diprediksi bakal memenangkan penghargaan Ballon d'Or kedelapan sekaligus memecahkan rekor dunia, yang akan digelar di Paris, Prancis akhir bulan ini.

Messi keluar dari periode sulit selama berada di Paris Saint-Germain (PSG) beberapa musim lalu. Meski begitu, ia sukses membantu Les Rouge et Bleu meraih dua titel Ligue 1 dan mengumpulkan 16 gol serta 16 assist dalam 32 penampilan.

Baca Juga

Namun sayang kiprah Messi bersama PSG tak berjalan mulus saat berkompetisi di ajang Liga Champions. Les Parisien kerap tersingkir di babak gugur.

Berbanding terbalik dengan pencapaiannya di level domestik. Messi bersama timnas Argentina sukses meraih mimpi menjuarai trofi Piala Dunia 2022 di Qatar.

La Pulga, julukan Messi mampu memutus penantian panjang selama 36 tahun Argentina menjuarai titel tersebut. Sekaligus jadi mahkota Piala Dunia ketiga untuk La Albiceleste.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Messi tidak hanya sukses membawa masyarakat Argentina bersukacita dalam kemenangan partai final Piala Dunia. Ia turut dianugerahi gelar individu Bola Emas sebagai pemain terbaik kejuaraan tersebut.

Sementara, penyerang Inter Miami menjadi satu-satunya pemain dengan dua penghargaan Bola Emas di Qatar, sementara tujuh golnya juga membuatnya mendapatkan Sepatu Perak di belakang Kylian Mbappe.

Eksploitasi Messi di dalam lapangan membuat surat kabar Sport dilansir Sportsmole, Selasa (17/10/2023) memprediksi apabila La Pulga berpeluang besar mendapatkan trofi Ballon d'Or untuk kedelapan kali di sepanjang kariernya.

Mantan pemain Barcelona ini sebelumnya telah mengeklaim Ballon d'Or pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021. Kini ia bakal menjadi pemain pertama yang tidak mewakili klub Eropa meraih penghargaan tersebut.

Apabila Messi benar-benar meraih titel Ballon d'Or, maka ia telah mengalahkan para pesaingnya, yakni Erling Braut Haaland dan Kylian Mbappe.

Haaland sendiri tak kalah impresif. Penyerang asal Norwegia tampil luar biasa dengan mempersembahkan tiga gelar juara dalam semusim bareng Manchester City, yaitu Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Di sisi lain, sumber yang sama melaporkan jika gelandang Barcelona Aitana Bonmati telah memenangkan penghargaan Ballon d'Or Feminin pertamanya berkat kesuksesan timnas Spanyol di Piala Dunia Wanita.

Seperti halnya Messi, Bonmati juga memenangkan Bola Emas di Piala Dunia Wanita tahun ini, dan pemain berusia 25 tahun itu juga meraih gelar Liga Champions serta Divisi Primera bersama La Blaugrana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement