Kamis 19 Oct 2023 20:59 WIB

Apa Tim Sepak Bola Favorit Prabowo Subianto? Jawabannya tak Jauh dari Aroma Nasionalisme

Tak perlu dipertanyakan seberapa nasionalisme ketua umum partai Gerindra tersebut.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sekaligus capres 2024.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sekaligus capres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto punya kalimat kondang bahwasanya, sepak bola merupakan suatu alat perjuangan bangsa di level internasional.

"Sepak bola jangan dianggap hanya sekadar olahraga biasa. Sepak bola adalah olahraga populer di dunia, karena itu sepak bola merupakan persaingan kehormatan bangsa-bangsa," kata Prabowo beberapa waktu lalu, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga

Tak perlu dipertanyakan seberapa nasionalisme ketua umum partai Gerindra tersebut. Sudah banyak yang ia pertaruhkan demi menjaga keutuhan NKRI.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) 1998 silam nyatanya sangat menyukai olahraga sepak bola.

Namun, saat ditanya oleh seorang netizen klub sepak bola yang diidolakan Prabowo hanyalah tim nasional Indonesia. "Tim sepak bola favorit saya hanya, timnas Republik Indonesia," tulis Prabowo dalam akun Twitter pribadinya.

Olah sebab itu Prabowo sangat ingin melihat timnas Indonesia bermain di kejuaraan Piala Dunia. Namun, selama Garuda Merah Putih belum berlaga di Piala Dunia Prabowo mengidolakan timnas Brasil.

"Saya berharap Indonesia ke Piala Dunia. Tapi jika hal itu belum terjadi saya mengidolakan timnas Brasil, Pele pemain favorit saya," sambung Prabowo.

Timnas Indonesia sendiri tengah berjuang untuk menembus Piala Dunia 2026. Saat ini pasukan Shin Tae-yong memasuki babal kedua Kualifikasi zona Asia.

Sebelumnya Pratama Arhan dan kawan-kawan sukses mencukur timnas Brunei Darussalam dengan agregat akhir 12-0 dalam dua leg kandang tandang.

Bersama Ketum PSSI Erick Thohir, timnas Indonesia kini tengah menatap jalan menuju Piala Dunia 2026.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement