Jumat 20 Oct 2023 07:21 WIB

Eddie Howe tak Tertarik Gantikan Gareth Southgate di Timnas Inggris

Howe yakin Southgate masih ada di posisi terbaik selama beberapa tahun ke depan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Newcastle United, Eddie Howe, jadi kandidat pelatih timnas Inggris berikutnya.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY
Pelatih Newcastle United, Eddie Howe, jadi kandidat pelatih timnas Inggris berikutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Pelatih Newcastle United, Eddie Howe, tidak tertarik menggantikan Gareth Southgate sebagai pelatih timnas Inggris. Masa depan Southgate belum jelas menjelang Euro 2024 dan mendapatkan pertanyaan apakah masih menginginkan pekerjaan itu.

Sebelumnya, Howe menyatakan keinginannya menjadi pelatih Inggris. Tetapi untuk saat ini Howe yakin Southgate masih ada di posisi terbaik selama beberapa tahun ke depan.

Baca Juga

Menurut The Telegraph, dilansir dari Tribalfootball, Jumat (20/10/2023), Howe telah memutuskan untuk tidak akan mengambil pekerjaan itu meskipun kesempatan terbuka pada musim panas 2024. FA Inggris kemungkinan besar akan lebih memilih untuk melanjutkan Southgate asalkan tim tampil sesuai harapan di Euro.

Meski tak meraih satu trofi pun, Southgate telah merevitalisasi timnas dan memastikannya kompetitif di setiap turnamen. Southgate membawa Inggris tampil di final Euro 2020 namun kalah lewat adu penalti dari Italia di partai puncak.

Southgate baru saja membalas kekalahan Inggris dari Italia saat menang 3-1 di kualifikasi Euro 2024. Kemenangan tersebut memastikan the Three Lions lolos ke turnamen empat tahunan tersebut.

Southgate dipandang berkinerja bagus di timnas Inggris. Pada Piala Dunia 2018, Inggris mampu lolos hingga babak semifinal. Dan pada Piala Dunia 2022, Inggris hanya sampai di babak perempat final.

Kinerja Howe bersama Newcastle mendapatkan pujian. Musim lalu, the Magpies menjadi momok menakutkan bagi tim papan atas. Howe sukses membawa Newcastle finis di posisi keempat sekaligus lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 20 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement