Senin 23 Oct 2023 21:55 WIB

Rifky Raih Emas Kedua Indonesia di Asian Para Games Sekaligus Pecahkan Rekor Asia

Rifky memecahkan dua rekor sekaligus, yakni rekor Asia dan rekor Asian Para Games.

Atlet para renang Indonesia Maulana Rifky Yavianda
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Atlet para renang Indonesia Maulana Rifky Yavianda

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Atlet para-renang Maulana Rifky Yavianda berhasil menambah torehan medali emas kedua untuk Indonesia sekaligus memecahkan rekor Asia pada nomor gaya punggung S12 putra Asian Para Games 2022 Hangzhou, Senin (23/10/2023). Dalam pertandingan yang DIGELAR di Hangzhou Olympic Sports Centre Aquatic Sports Arena, Rifky finis terdepan dengan catatan waktu 1 menit 03,55 detik.

Selain meraih medali emas, Rifky juga memecahkan dua rekor sekaligus yakni rekor Asia yang sebelumnya 1 menit 03,98 detik dan rekor Asian Para Games yang sebelumnya 1 menit 09.38 detik.

Baca Juga

“Perasaannya, Alhamdulillah bersyukur sudah diberi satu emas dan memecahkan rekor Asia,” kata Rifky dikutip dari keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia.

“Saya sedikit mengalami sedikit kendala saat persiapan menjelang lomba karena saya merasa gugup dan nervous. Diharapkan ke depannya saya bisa menyumbangkan medali lagi,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pada nomor yang Rifky ikuti hari ini, medali perak direbut oleh Jahan Abadi Mohammad Hossein Karimi dari Iran dengan waktu 1:09.95 dan perunggu menjadi milik perenang Kazakstan, Roman Potapov dengan catatan waktu 1:10.25.

Emas dari Rifky merupakan yang kedua bagi kontingen Indonesia dalam pelaksanaan perlombaan hari ini. Emas pertama bagi Indonesia sebelumnya dipersembahkan oleh Saptoyogo Purnomo dari atletik lari 400 meter T37 putra.

Asian Para Games 2022 Hangzhou masih akan bergulir hingga Sabtu (28/10). Skuad Merah Putih ditargetkan mampu finis dalam 10 besar Asian Para Games 2022 Hangzhou dengan raihan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement